Sabtu, Agustus 07, 2010

Tips Agar Tidak Lemas saat Puasa (1)

Tips atau bagaimana cara agar tetap segar dan tidak lemas atau mengantuk saat bulan Puasa Ramadhan


Artikel ini membahas:
  • Sekilas pengertian puasa dan apa manfaat puasa.. [halaman 1]
  • Bagaimana menu makanan puasa yang baik..[halaman 2]
  • Pola makan dan minum yang benar selama puasa..[halaman 2]
  • Pola kegiatan yang dianjurkan agar tubuh tetap segar dan tidak lemas selama puasa..[halaman 3]
Anjuran-anjuran yang saya sampaikan pada penulisan artikel ini didasarkan pada pendapat beberapa ahli di bidang kesehatan.


Berdasarkan pengamatan di setiap bulan puasa Ramadhan, Kepala UGD RSIA Muhammadiyah Jakarta Selatan dr Ahmad Jalaludin mengungkapkan bahwa pada bulan puasa biasanya muncul beberapa kebiasaan baru, antara lain: produktivitas kerja menurun dengan alasan badan lemas karena kurang makan, kebiasaan makan sahur yang banyak, makan berlebihan saat berbuka, kurangnya konsumsi buah dan sayur, atau tidur seharian tanpa berolahraga. Tujuan mereka tidur , mengurangi aktivitas, dan lain sebagainya hanyalah ingin agar puasanya berlalu tanpa terasa.


Apa itu puasa?
Menurut Wikipedia:
Puasa dalam agama Islam (Saum) artinya menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hinggalah terbenam matahari, untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim. Perintah puasa difirmankan oleh Allah pada Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 183.

"Yaa ayyuhaladziina aamanuu kutiba alaikumus siyaamu kamaa kutiba 'alalladziina min qablikum la allakum tataquun"
"Wahai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan ke atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan ke atas umat-umat yang sebelum kamu, semoga kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa."

Apa Manfaat Puasa Bagi Kesehatan? (...penting diketahui)
Banyak penelitian membuktikan bahwa puasa merupakan proses detoksifikasi yang efektif. Detoksifikasi adalah proses mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Racun-racun yang selama ini menumpuk di tubuh kita karena sisa makanan, sisa metabolisme tubuh, polusi, obat-obatan hingga aktifitas otak bisa menyebabkan berbagai penyakit. Penyakit tersebut antara lain: maag, asma, gatal-gatal, flu, kanker, mudah capek, kolesterol tinggi, encok, stres, tekanan darah tinggi. Intinya orang yang tidak berpuasa itu malah membuat tubuhnya lebih rentan terhadap penyakit.


Mengapa Kita Lemas dan Mengantuk saat Puasa? Penyebabnya Apa?
Saat orang berpuasa menjadikan glukosa (sumber energi dari makanan) dalam tubuhnya menjadi rendah dan membuat otak lebih sulit berkonsentrasi. Ini karena otak kurang mendapat energi dalam bentuk glukosa, dan pengurangan aliran glukosa ke jaringan otak akan membuat kita sulit berkonsentrasi. Hal ini hanya terjadi pada awal kita menjalani puasa, namun rasa pusing dan sulit konsentrasi ini akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari kita menjalani puasa. Selain penurunan gula darah, perubahan jam tidur juga mendukung rasa kantuk yang kerap menyertai saat berpuasa.
Sedangkan menurut ahli gizi dr. Samuel Oetoro, penyebab munculnya rasa kantuk yang hebat saat berpuasa adalah karena rendahnya asupan zat besi dalam tubuh. Dr. Samuel menambahkan bahwa hal ini mungkin saja terjadi karena kita kurang menghiraukan mutu gizi makanan selama berpuasa.
Penyebab lainnya yang menyebabkan lemas saat puasa adalah karena pola makan yang kurang baik saat sahur dan buka, serta banyak tidur atau bermalas-malasan saat berpuasa. (..ingin tahu mengapa banyak tidur malah bisa tambah lemas?)


Anjuran Menu Makanan dan Pola Makan Minum
Saat sahur dan berbuka, makanlah dengan...

Halaman
[1] [2] [3]





pendidikan ipa sd, sekolah dasar ilmu pengetahuan alam, belajar pendidikan lingkungan, kelas ilmu pengetahuan alam, science fact knowledge blog, sekolah dasar kelas, belajar ipa sd




Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)