Minggu, Agustus 01, 2010

Jangan Remehkan Manfaat Sarapan (2)

...Kembali ke halaman 1...

Tidak sarapan ada hubungannya dengan sakit maag. Dr. Fatimah Eliana Taufik, SpPD dari RS Mitra Kemayoran menjelaskan bahwa pada pagi hari kebutuhan energi seseorang cukup banyak. Sehingga ketika seseorang tidak sempat sarapan, maka lambung akan memproduksi asam lambung yang lebih banyak. Produksi asam lambung ini akan bertambah banyak seiring dengan peningkatan stres dan peningkatan kerja seseorang, baik itu pekerjaan kantor bagi para pekerja maupun saat belajar bagi para siswa. Ketika kita stres, tubuh mengeluarkan berbagai hormon, seperti endokrin yang sifatnya merangsang produksi asam lambung. Eliana menambahkan, mengonsumsi kopi (hanya minum kopi) sebagai pengganti sarapan juga bisa menjadi pencetus sakit maag, karena kandungan kafeinnya. Bukan hanya kopi, tapi semua produk kopi dan semua produk yang mengandung kafein, misalnya obat batuk, obat sakit kepala.

Kedua, Manfaat lain sarapan adalah untuk meningkatkan kosentrasi dalam pemecahan masalah atau ingatan karena otak mendapatkan cukup “bahan bakar”.

Ketiga, Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang sarapan pagi mempunyai tubuh yang
lebih langsing dibandingkan mereka yang tidak sarapan pagi. Sebuah laporan yang dimuat di HarvardMen’s Health Watch edisi Februari menyatakan
bahwa akibat tidak sarapan berkaitan dengan peningkatan risiko obesitas (kegemukan) sebesar empat kali lipat. Saat Anda meninggalkan sarapan, Anda akan cenderung mengalihkan rasa lapar dengan mengemil sepajang pagi hingga menjelang makan siang. Dan hal ini akan mendorong Anda makan berlebih dari porsi yang dianjurkan. Jika Anda melewatkan sarapan membuat tubuh Anda menjadi kelaparan dan perut keroncongan. Hal tersebut bisa mengakibatkan pada waktu jam makan siang atau sore nafsu makan Anda akan semakin besar. Makan siang Anda pun jadi tidak terkontrol, apalagi jika dibarengi dengan makanan berlemak.


Bagaimana menu sarapan yang sehat (baik) itu?
Menu sarapan pagi yang sehat dapat membantu kita menurunkan berat badan, risiko diabetes, penyakit jantung, dan stroke. Pakar gizi, Dr. Leane, M.Sc ., menu sarapan hendaknya memiliki komposisi gizi cukup dan seimbang, dan bukan sekedar pengganjal perut saja. Berikut beberapa contoh sederhana menu sarapan yang direkomendasikan kecukupan gizinya oleh Leane :

...Lanjut ke halaman 3...



Halaman
[1] [2] [3]





pendidikan ipa sd, sekolah dasar ilmu pengetahuan alam, belajar pendidikan lingkungan, kelas ilmu pengetahuan alam, science fact knowledge blog, sekolah dasar kelas, belajar ipa sd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)