Minggu, Agustus 01, 2010

Jangan Remehkan Manfaat Sarapan (3)

...Kembali ke halaman 2...

Berikut beberapa contoh sederhana menu sarapan yang direkomendasikan kecukupan gizinya oleh Dr. Leane:
  1. Sepiring nasi goreng lengkap dengan telur mata sapi/ikan/ayam, ditambah irisan sawi, kemudian disajikan bersama secangkir teh manis atau susu.
  2. Mi goreng/rebus, lengkap dengan daging cincang/ayam suwir, bayam, yang disajikan bersama segelas teh manis atau susu.
  3. Semangkuk bubur ayam, lengkap dengan telur rebus, ayam suwir, ati ampela goreng, cakue, dan teh manis.
  4. Roti dua potong, dioles margarin ditambah taburan cokelat atau disisipi sosis/burger. Sajikan bersama jus buah
Atau jika memang tidak bisa ideal lagi, cukup roti dan susu. Menu tersebut sudah dapat dijadikan sebagai menu sarapan untuk Anda.


Bagaimana cara sarapan yang benar itu?
Hindari makan kenyang di pagi hari karena akan membuat kita mengantuk. Mengapa bisa terjadi? Karena jika perut kita kenyang, maka energi akan
tersedot ke rongga perut, oksigen akan terpusat pada perut untuk mencerna makanan, sehingga sedikit energi atau oksigen yang sampai ke otak. Inilah yang malah menyebabkan kita mengantuk.

Nah, jika Anda takut merasa mual saat sarapan, maka jangan langsung sarapan setelah bangun tidur, tapi tunggu 1-2 jam baru kemudian sarapan. Bagi beberapa orang, bangun tidur langsung sarapan memang membuat perasaan mual. Nah, untuk itulah penting bangun saat subuh, kita bisa sholat dulu, mandi, atau menyiapkan segala sesuatu, sambil kita menunggu waktu yang tepat untuk sarapan.

Buat Anda yang tidak mau sarapan karena alasan takut terlambat masuk kantor atau sekolah, lebih baik kurangi begadang jika tidak perlu, dan jadikan jadwal sarapan sebagai bagian dari rencana Anda setiap hari. Yah, .. bagaimanapun manfaat sarapan adalah untuk kesehatan Anda sendiri.







"Makanlah sebelum lapar, dan berhentilah sebelum kenyang"



Ditulis oleh: OmCan
Sumber baca sana sini: http://www.keluargasehat.com/, http://kumpulan.info/, http://www.KapanLagi.com/, http://fikrirasyid.com/, http://izoel04.multiply.com/, http://www.tabloidnova.com/




Halaman
[1] [2] [3]





pendidikan ipa sd, sekolah dasar ilmu pengetahuan alam, belajar pendidikan lingkungan, kelas ilmu pengetahuan alam, science fact knowledge blog, sekolah dasar kelas, belajar ipa sd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)