Minggu, Oktober 04, 2020

Penjelasan FPB dan KPK


Faktor Persekutuan terBesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan terKecil (KPK) antara dua bilangan atau lebih, biasanya sih pada soal ujian anak-anak SD maksimal hanya tiga bilangan, soal seperti ini biasanya dihadapi siswa-siswi SD kelas 4 sampai dengan 6. Baik FPB maupun KPK dapat dapat ditemukan dengan tiga cara. Berikut ini penjelasan tiga cara menentukan FPB dan KPK.


Cara yang pertama, dengan menggunakan konsep dasarnya yaitu kelipatan persekutuan dan tabel faktor. Kelipatan persekutuan untuk menemukan KPK sedangkan tabel faktor untuk menemukan FPB dari dua bilangan atau lebih.


Cara yang kedua adalah menggunakan pohon faktor. Pohon faktor termasuk cara yang praktis karena dapat digunakan untuk menemukan FPB dan KPK. Namun yang perlu dihati-hati anak-anak saat menggunakan pohon faktor adalah harus mengingat beberapa aturan yang berbeda antara cara menemukan FPB dengan cara menemukan KPK.


Cara yang ketiga adalah menggunakan tusuk sate. Tusuk Sate adalah istilah saya saja. Cara ini terkadang dikenal juga sebagai cara tabel atau matrik. Tetapi cara tusuk sate lebih praktis dan cepat dibandingkan dengan cara tabel, karena ini tidak perlu bikin tabel. Cara tusuk sate juga lebih cepat dibandingkan dengan cara pohon faktor dan tabel faktor serta kelipatan persekutuan. Aturan-aturan pemakaian cara ini pun termasuk mudah dan sederhana. Nah untuk penjelasan selengkapnya, klik video pembelajaran kami berikut ini

https://youtu.be/DL-IDJsbs1E.


Semoga bermanfaat. Aamiin ^_^


Jika video ini bermanfaat, maka klik like dan share agar sedikit pengetahuan ini bisa bermanfaat buat banyak orang.


Terimakasih 


------------------------

Didukung oleh:


Nichan collection

http://bit.ly/nichanONwhatsapp

https://bit.ly/nichanONshopee


Website Rumah Belajar Spesialis https://bit.ly/GoGuruLes

Admin Rumah Belajar Spesialis https://bit.ly/inforbs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)