Minggu, Oktober 25, 2020

Besar Tegangan Listrik di Tiap Macam Buah Sekitar Rumah


Pada praktek kali ini, saya ingin menjelaskan berapa tegangan listrik di tiap macam buah sekitar rumah yang bisa digunakan untuk praktek listrik dari tumbuhan. Mengetahui besar tegangan listrik di tiap macam buah sekitar rumah menjadi hal penting bagi siswa yang hendak melakukan praktek agar dapat memperkirakan berapa jumlah dan jenis buah yang digunakan agar sebuah lampu dioda LED dapat menyala.


Perlu diketahui bahwa tiap lampu dioda  LED memiliki beragam kebutuhan tegangan listrik atau volt agar bisa berhasil menyala. Nah, yang biasanya dipakai siswa adalah yang membutuhkan tegangan sebesar 3-3,6 volt. Evaluasi dari kegiatan praktek beberapa siswa saya menunjukkan bahwa tegangan listrik dari tiap macam buah di sekitar rumah berbeda-beda sehingga dibutuhkan jumlah yang berbeda pula untuk dapat berhasil menyalakan lampu dioda LED. Beberapa siswa saya tidak berhasil menyalakan lampu karena voltage atau tegangan listrik yang dihasilkan dari rangkaian seri baterai dari buah-buahan tersebut ternyata kurang.


Penyebab kegagalan lainnya adalah karena siswa kurang rapat menghubungkan antara tembaga yang menancap di satu buah dan besi yang menancap di buah yang lain, sehingga listrik yang dihasilkan tidak stabil. Penyebab lainnya juga adalah tempat menancap tembaga sebagai kutub positif dan besi sebagai kutub negatif pada buah terlalu longgar sehingga ini pun mempengaruhi kestabilan hasil listrik yang dihasilkan.


Penjelasan selengkapnya bisa disimak di link video kami berikut ini

https://youtu.be/wVXcLQ2mkds


Semoga bermanfaat. Aamiin ^_^


Jika video ini bermanfaat, maka klik like dan share agar sedikit pengetahuan ini bisa bermanfaat buat banyak orang.


Terimakasih ^_^


------------------------

Didukung oleh:


Nichan collection

http://bit.ly/nichanONwhatsapp

https://bit.ly/nichanONshopee


Website Rumah Belajar Spesialis https://bit.ly/GoGuruLes

Admin Rumah Belajar Spesialis https://bit.ly/inforbs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)