Selasa, Juni 04, 2013

Bagian bagian Telinga dan Fungsinya

Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya, merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa. Dalam artikel kali ini saya hanya membahas bagian-bagian indra pendengaran yakni telinga, dan fungsinya.

Telinga bertugas mendeteksi suara, sedangkan fungsi pengenalan dan penafsiran diolah oleh sistem saraf pusat dan di otak. Telinga juga berperan dalam keseimbangan dan posisi tubuh kita.

Bagian-bagian telinga dan fungsinya:
  1. Telinga Luar: Menangkap suara
  2. Telinga dalam: Menerima rangsangan bunyi dan mengirimkannya berupa implus ke otak
  3. Telinga Tengah: Menjaga tekanan udara agar seimbang

Bagian bagian telinga dan anggotanya:
  1. Telinga bagian luar terdiri dari daun telinga, lubang telinga dan liang pendengaran
  2. Telinga bagian tengah terdiri dari gendang telinga, 3 tulang pendengar ( martil, landasan dan sanggurdi) dan saluran eustachius.
  3. Telinga bagian dalam terdiri dari alat keseimbangan tubuh, tiga saluran setengah lingkaran, tingkap jorong, tingkap bundar dan rumah siput (koklea)
Fungsi dari bagian-bagian khusus pada telinga


Fungsi dari Bagian-Bagian Khusus pada Telinga: (perhatikan gambar di atas)

  1. Daun telinga (A), lubang telinga dan liang pendengaran berfungsi menangkap dan mengumpulkan gelombang bunyi.
  2. Membran Tifani atau Gendang Telinga (B): untuk menangkap getaran dan mengantar getaran suara dari udara ke tulang pendengaran
  3. Tiga tulang pendengaran (C), yakni tulang martil, landasan dan sanggurdi, berfungsi memperkuat getaran dan meneruskannya ke koklea atau rumah siput.
  4. Tingkap jorong, tingkap bundar, tiga saluran setengah lingkaran dan koklea “rumah siput” (E) berfungsi mengubah rangsangan dan diteruskan ke otak. Tiga saluran setengah lingkaran (D) juga berfungsi menjaga keseimbangan tubuh.
  5. Saluran eustachius (F) menghubungkan rongga mulut dengan telinga bagian luar.

Urutannya proses terdengarnya bunyi:
Bunyi — Daun Telinga — Saluran Telinga — Gendang Telinga –Tulang Martil — Landasan — Tulang Sanggurdi —— Rumah Siput — Saraf – Otak  — Mendengar





Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)