Jumat, Juli 23, 2010

Katarak Sembuh Biaya Murah dengan Bunga Ki Tolod

Katarak adalah kerusakan mata yang menyebabkan mata berselaput dan rabun. Lensa mata menjadi keruh dan cahaya tidak dapat masuk, sehingga bisa sampai menyebabkan kebutaan total. Katarak juga menyebabkan penderita sulit mempersepsikan warna biru dan juga menderita miopi (rabun jauh). Jika tidak segera diobati, maka katarak bisa menyebabkan kebutaan total yang permanen/tetap. Katarak biasanya mengenai pada dua mata, tetapi selalu dimulai pada satu mata terlebih dulu.

Ada beberapa orang yang mengatakan harus operasi untuk menyembuhkan penyakit katarak, meski harus mengeluarkan beberapa juta rupiah untuk melakukannya. Tapi ada juga obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit katarak tanpa harus menghabiskan uang jutaan rupiah alias murah meriah, yakni menggunakan tanaman yang bernama Ki Tolod.

Ki Tolod adalah jenis obat herbal yang cukup efektif untuk mengobati katarak, termasuk rabun, mata minus dan plus. Bahkan Prof. DR (HC) H. W. Isnandar menyebutkan bahwa Ki Tolod juga merupakan tanaman penting dalam menyembuhkan kanker.
Tanaman Ki Tolod sangat mudah ditemukan, tapi kita terkadang tidak pernah meliriknya, karena tempatnya yang berada di sekitar selokan, saluran air, atau pematang sawah.

Kandungan dari tanaman ini sehingga bisa digunakan untuk mengobati segala penyakit mata, antara lain: senyawa alkaloid yakni lobelin, lobelamin dan isotomin. Daunnya mengandung alkaloid, saponin, flavonoid, dan polifenol. Meskipun getah tanaman ini mengandung racun, tetapi tanaman ini memiliki efek antiradang (antiflamasi), antikanker (antineoplasmik), menghilangkan nyeri dan menghentikan pendarahan.

Cara penggunaannya sebagai obat katarak juga cukup mudah, yakni sebagai berikut:
Ambil Bunga Ki Tolod yang masih segar, kemudian dimasukkan ke dalam segelas air putih, gelas ditutup dan dibiarkan 5 menit kemudian digunakan untuk merendam mata. Hal ini dilakukan tiap hari sampai sembuh. Selain bunganya, di beberapa daerah juga digunakan beberapa daun Ki Tolod yang telah dipotong pucuknya, kemudian dicelupkan dalam segelas air bersih dan digunakan untuk menetesi mata. Mata akan terasa sangat pedih, tetesi terus sampai rasa pedihnya berkurang dan hilang.

Baik bunga maupun daun Ki Tolod yang digunakan haruslah benar-benar bersih. Disarankan untuk menggunakan daun atau bunga Ki Tolod yang dibudidayakan, atau tidak menggunakan tanaman Ki Tolod yang berasal dari tempat yang kotor karena akan memperparah penyakit mata kita.



Sumber dari baca sana sini: http://infohidupsehat.blogspot.com/, http://www.herbal-obatalami.com/, http://archive.kaskus.us/, http://www.deptan.go.id/, http://id.wikipedia.org/



pendidikan ipa sd, sekolah dasar ilmu pengetahuan alam, belajar pendidikan lingkungan, kelas ilmu pengetahuan alam, science fact knowledge blog, sekolah dasar kelas, belajar ipa sd

3 komentar:

  1. wah mantab tuh infonya, buat mbeh dirumah...
    mas ada yang baru dengan peringkat blog kita
    lho silahkan mampir

    BalasHapus
  2. bahasa latinya apa ya omm kasih dong informasinya ok makasih

    BalasHapus

Beri komentar atau masukan ya :)