Sabtu, Juli 10, 2010

Kanker kelenjar getah bening atau Limfoma (page 1)

kanker kelenjar... getah bening... limfoma... gejala... penyebab... pengobatan... obat... penderita...

Kanker kelenjar getah bening atau limfoma telah merenggut nyawa banyak orang. Salah satu korban keganasan limfoma atau Kanker Kelenjar Getah Bening adalah legenda musik Indonesia, Gito Rollies.

Kanker Kelenjar Getah Bening atau Limfoma adalah sejenis kanker yang tumbuh akibat mutasi sel limfosit (sejenis sel darah putih) yang sebelumnya normal menjadi sel abnormal. Penyakit kanker kelenjar getah bening menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Penjelasan lebih detailnya sebagai berikut:



Dalam keadaan normal baik sel darah merah, sel darah putih, maupun trombosit akan berkembang dari muda menjadi matang di dalam sumsum tulang.
Dalam keadaan normal baik sel darah merah, sel darah putih, maupun trombosit akan berkembang dari muda menjadi matang di dalam sumsum tulang.



Begitu sel darah menjadi matang, akan segera keluar dari sumsum tulang dan ikut aliran darah ke seluruh tubuh. Jadi bila ditemukan sel-sel darah muda di dalam aliran darah tepi, maka hal ini dikelompokkan sebagai sel darah abnormal atau bersifat penyakit (patologis) dan patut dilacak lebih jauh.

Kanker kelenjar getah bening atau Limfoma

Dalam kasus penyakit limfoma, sel darah putih muda (Limfoblast) tidak bisa matang yang kemudian bersifat ganas. Sel-sel ganas tersebut akan membelah diri secara tidak terkendali sehingga mendominasi populasi sel darah di dalam tubuh kita. Keseimbangan populasi antara sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit menjadi terganggu.

Limfosit ganas dapat tumbuh pada berbagai organ dalam tubuh, antara lain kelenjar getah bening, limpa, sum-sum tulang, darah maupun organ lainnya.

Jika limfosit ganas tumbuh di kelenjar getah bening, maka terjadilah kanker kelenjar getah bening.


Gejala Limfoma atau Kanker Kelenjar Getah Bening
Secara kasat mata penderita limfoma memiliki gejala sebagai berikut:

Wajah yang tampak pucat, badan seringkali demam dan merasa lemah tidak berdaya, keringat malam, selera makan hilang, berat badan menurun drastis, disertai ..... (bersambung ke “Kanker kelenjar getah bening atau Limfoma (page 2)”)




pendidikan ipa sd, sekolah dasar ilmu pengetahuan alam, belajar pendidikan lingkungan, kelas ilmu pengetahuan alam, science fact knowledge blog, sekolah dasar kelas, belajar ipa sd





Artikel Terkait :



1 komentar:

  1. sore saya putri,saya dulu saya pernah keluar jendolan kecil di daerah leher tapy sekarang sudah mengecil,,,,kata dokter gx pp,tapy badan saya lemas seperti tidak punya semangat hidup dlm diei saya,tlng beri saran ya...makasih

    BalasHapus

Beri komentar atau masukan ya :)