Minggu, Juli 11, 2010

Kanker kelenjar getah bening (page 2)

... disertai pembengkakan di seluruh kelenjar getah bening, yakni di leher, ketiak, lipat paha, dll. Sehingga jika ada benjolan yang tak terasa sakit di ketiak atau leher, maka perlu diwaspadai.


Penyebab Limfoma atau Kanker Kelenjar Getah Bening
Empat kemungkinan penyebabnya adalah:

faktor keturunan, kelainan sistem kekebalan, infeksi virus (misal HIV) atau bakteri (misal Helicobacter) dan racun lingkungan (herbisida, polusi, pengawet dan pewarna kimia pada makanan).

Pengaruh bahan kimia pada saat ini agak sulit untuk dihindari, karena berkaitan dengan gaya hidup modern saat ini. Gaya hidup menjadi salah satu penentu timbulnya penyakit tersebut. Ahli penyakit kanker Aru Sudoyo mengatakan, walau kanker belum sepenuhnya bisa dikendalikan, setidaknya penyakit ini bisa dijauhi dengan mengikuti gaya hidup sehat.


Pengobatan Limfoma atau Kanker Kelenjar Getah Bening
Pengobatan Limfoma bisa meliputi:
kemoterapi, terapi antibodi monoklonal, radiasi, terapi biologik, atau cangkok sum-sum tulang. Pilihan pengobatan disesuaikan dengan tingkat parahnya penyakit Limfoma yang diderita pasien.

Adapun pengobatan alternatif (yang menurut saya lebih aman tapi sangat membutuhkan kesabaran...) yakni menggunakan kulit buah manggis. Penelitian terkini yang membuktikan bahwa manggis mengandung antioksidan yang sangat kuat yang disebut xanthone, melebihi beberapa kali lipat dari kekuatan vitamin C dan E. Antioksidan adalah sejenis zat yang mampu menghambat terjadinya proses oksidasi. Antioksidan dikenal juga sebagai senyawa-senyawa yang melindungi sel dari efek berbahaya radikal bebas oksigen reaktif jika berkaitan dengan penyakit, radikal bebas ini dapat berasal dari metabolisme tubuh maupun faktor eksternal lainnya. Journal of pharmacology, mempublikasikan bahwa xanthone adalah antioksidan yang memilik efek anti kanker seperti kanker payudara, kanker darah (leukeumia) dan kanker hati. Kalau di pasaran, sudah ada yang dijual dalam bentuk ekstrak.

(kembali ke “Kanker kelenjar getah bening atau Limfoma (page 1)”)



Ditulis oleh: OmCan
Dari berbagai sumber: http://www.liputan6.com/, http://kanker.roche.co.id/, http://www.sukmamerati.com/, http://www.penyakit.biz/

pendidikan ipa sd, sekolah dasar ilmu pengetahuan alam, belajar pendidikan lingkungan, kelas ilmu pengetahuan alam, science fact knowledge blog, sekolah dasar kelas, belajar ipa sd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)