Kamis, Juli 29, 2010

Kandungan Bengkoang Tak Hanya Air

Setiap kali saya makan Bengkoang (atau Bengkuang), air yang keluar dari Bengkoang sangat banyak dan segar sekali. Maklum karena kandungan air yang ada di dalam Bengkoang sebanyak kurang lebih 85%. Oleh karena itu, selama ini saya menganggap Bengkoang (atau Bengkuang) hanya mengandung air saja, dan tidak mengandung zat-zat penting lainnya yang diperlukan tubuh manusia. Jika saya disuguhi Apel, Jeruk, dan Bengkoang, maka pasti yang saya ambil pertama kali bukanlah Bengkoang. Karena menurut saya waktu itu, Apel dan Jeruk lebih banyak mengandung vitamin daripada Bengkoang yang hanya mengandung air dan tidak memiliki zat-zat yang lain yang penting bagi tubuh.

Ternyata pengetahuan saya itu keliru, menurut penelitian para ilmuwan, Bengkoang ternyata sangat baik untuk anak-anak, orang yang menderita diabetes, penderita kolesterol, dan para manula. Mengapa? Apa saja kandungan bengkoang?


Kandungan Bengkoang

  1. Zat Inulin: pengganti gula dan penurun kalori makanan yang ada pada es krim, roti, dan susu. Rasanya manis seperti gula pada umumnya, tetapi zat Inulin sukar diserap oleh sistem pencernaan manusia, sehingga ini sangat baik bagi para penderita diabetes. Zat Inulin juga baik untuk pencernaan manusia, karena zat ini mengandung serat makanan yang baik untuk melancarkan buang air besar. Zat Inulin juga memiliki kemampuan untuk membantu tulang menyerap dan mengikat lebih kuat kalsium sehingga tidak mudah terjadi pengkeroposan tulang (alias Osteoporosis). Sehingga terapi makan Bengkoang sangat berguna sekali khususnya bagi para manula agar tulang-tulangnya tetap awet.
  2. Zat Kalsium (zat kapur) dan Fosfor: berguna untuk pembentukan tulang dan gigi. Pertumbuhan anak-anak akan menjadi terganggu jika kekurangan kedua zat ini, termasuk pertumbuhan gigi. Pernah melihat anak yang giginya buges (bahasa Jawa: ompong) ... Nah, oleh karena itu ada baiknya sejak kecil anak dibiasakan makan bengkuang agar pertumbuhan gigi dan tulangnya tidak terganggu. Keberadaan Kalsium juga baik untuk mencegah terjadinya kerusakan atau cedera pada otot selama berolahraga atau beraktivitas yang berat. Manfaat lain dari kalsium adalah mengaktifkan saraf, melancarkan peredaran darah, menormalkan tekanan darah, menjaga keseimbangan cairan tubuh, mencegah penyakit jantung, menurunkan risiko kanker usus, mengatasi wasir, mengatasi nyeri saat haid, mengatasi pecah-pecah atau kering pada kulit kaki dan tangan, dan mengatasi kencing manis. (...akeeeehheeeee manfaateeee.......).

Buat Anda yang telah menginjak usia 40 tahun ke atas dianjurkan untuk sering mengkonsumsi Bengkoang. Karena menurut penelitian, pada saat usia mencapai 50 tahun, zat Kalsium yang ada pada tubuh akan menyusut hingga 30% dan terus akan menyusut seiring bertambahnya usia.



Catatan: Bengkoang lebih baik disimpan pada suhu 12ºC-16ºC (alias dimasukkan di kulkas), insyaAllah ... selama 2 bulan bisa tetap segar, kandungan airnya masih cukup banyak.


Ditulis oleh: OmCan
Sumber baca sana sini: http://www.forumsains.com, http://id.wikipedia.org



pendidikan ipa sd, sekolah dasar ilmu pengetahuan alam, belajar pendidikan lingkungan, kelas ilmu pengetahuan alam, science fact knowledge blog, sekolah dasar kelas, belajar ipa sd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)