Jumat, Juli 24, 2020

Cara Masuk Google Classroom Versi Pendidik


Banyak teman-teman pendidik yang bertanya ke saya tentang bagaimana masuk ke google classroom. Sepertinya maksudnya adalah bagaimana membuat kelas/classroom di google classroom. 

Okay, jadi google classroom ini adalah produk dari google yang sangat mengerti kebutuhan guru dalam mengajar, apalagi di saat-saat pandemi Corona dimana semua guru dituntut bisa melakukan pembelajaran jarak jauh atau belajar dari rumah. Banyak keuntungan saat kita menggunakan google classroom ini, antara lain saat kita mengirim materi, tugas, atau pengumuman untuk siswa-siswi kita di google classroom (GC), maka mereka akan mendapatkan notifikasi langsung di HP mereka masing-masing.

Mengapa ini bisa terjadi? karena handphone rata-rata berbasis android sehingga pasti menggunakan akun gmail. GC itu bisa terhubung ke seluruh produk google dengan mudah, salah satunya gmail. Itulah mengapa siswa-siswi kita langsung bisa mengetahui materi dan tugas terbaru hanya dengan cara menekan notifikasi yang sampai kepada mereka. Saat siswa-siswi mengerjakan tugas, dapat dengan mudah dikirim melalui GC dan tersimpan secara otomatis data pengerjaannya di google drive kita. Jika kita gabungkan dengan fasilitas pada google form maka kita dapat data pekerjaan siswa-siswi sudah dalam bentuk tabel spreadsheet yang dapat diunduh dalam bentuk excel. Rubrik pun juga bisa kita buat di sini dan anak-anak bisa mengetahui kriteria apa saja yang dinilai.

Materi-materi dan tugas kita pun bisa diatur rapi di classroom tersebut menggunakan fasilitas topik yang ada pada GC. Begitu pula presensi harian juga dapat kita buat dan anak-anak bisa mengisinya sendiri setiap hari. Sangat menarik bukan.

Kalau begitu tunggu apa lagi, silakan Bapak/Ibu bisa memulai fasilitas learning management system (LMS) milik google ini dengan membuka

Kamis, Juli 23, 2020

Alasan Kita Belajar tentang Negara ASEAN

 

Alasan Kita Belajar tentang Negara ASEAN atau Mengapa Siswa SD Perlu Belajar tentang Negara-negara ASEAN Negara-negara pendiri ASEAN, atau saya singkat MISFiT agar lebih mudah dingat, antara lain Malaysia, Indonesia, Singapura, Filipina, dan Thailand, memiliki alasan mengirim para delegasinya waktu itu dengan tujuan menciptakan kondisi sosial politik ekonomi yang lebih damai dan saling memajukan bukan malah berperang antara satu sama lain.

Anak-anak perlu mengetahui hal tersebut dan mengambil pelajaran di dalam sejarah tersebut. Namun, tidak jarang saya menjumpai ketika waktunya pelajaran tentang ASEAN, para siswa kurang menikmati. Hal ini bisa jadi mereka mereka tidak mengerti arti penting atau kebermaknaan mempelajari negara-negara ASEAN tersebut. Apalagi jika gurunya hanya memaparkan begitu banyak informasi yang harus dihafalkan oleh siswa. Sebenarnya mempelajari negara ASEAN lebih bisa mengasyikkan jika saat menghafal anak-anak dibantu dengan teknik "jembatan keledai", audio visual, dls.

Oleh karena itu, pentingnya kita sebagai pengajar memberikan pengantar saat sebelum mempelajari ASEAN dengan mengangkat topik-topik yang sedang hangat semisal pro dan kontra kebijakan Presiden Filipina yang membuat kebijakan memerangi kejahatan narkoba dengan hukuman langsung tembak mati di tempat saat tertangkap. Setiap malam para wartawan yang menelusuri penerapan kebijakan tersebut di sana dikejutkan dengan mayat-mayat baru para penjahat narkoba yang selalu bergeletakan di jalan-jalan, Hal itu terjadi setiap hari, dan tidak terjadi di hanya satu lokasi tapi di beberapa lokasi. Dan herannya, mayoritas penduduk Filipina mendukung kebijakan ini. Sudah puluhan ribu gembong narkoba tewas dalam penerapan kebijakan ini dan mayatnya ditemukan tergeletak begitu saja di jalanan.

Tentunya info-info seperti itu akan memancing anak-anak untuk mempelajari negara-negara ASEAN lainnya, mendiskusikan permasalahan sosial bidaya, sistem pemerintahannya, agama, dan lain sebagainya. Video ini

Rabu, Juli 08, 2020

Video Penjelasan Nilai Pecahan dari Bilangan

Bagaimana menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu? Penjelasan dalam video ini menggunakan beberapa contoh yang dapat memudahkan siswa sekolah dasar memahami cara menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu dengan lebih mudah melalui studi kasus yang terjadi dalam keseharian. Video Penjelasan Nilai Pecahan dari Bilangan ini juga dilengkapi dengan link latihan soal yang ada di bagian deskripsinya untuk membantu mengecek pemahaman siswa.