Kamis, Juli 23, 2020

Alasan Kita Belajar tentang Negara ASEAN

 

Alasan Kita Belajar tentang Negara ASEAN atau Mengapa Siswa SD Perlu Belajar tentang Negara-negara ASEAN Negara-negara pendiri ASEAN, atau saya singkat MISFiT agar lebih mudah dingat, antara lain Malaysia, Indonesia, Singapura, Filipina, dan Thailand, memiliki alasan mengirim para delegasinya waktu itu dengan tujuan menciptakan kondisi sosial politik ekonomi yang lebih damai dan saling memajukan bukan malah berperang antara satu sama lain.

Anak-anak perlu mengetahui hal tersebut dan mengambil pelajaran di dalam sejarah tersebut. Namun, tidak jarang saya menjumpai ketika waktunya pelajaran tentang ASEAN, para siswa kurang menikmati. Hal ini bisa jadi mereka mereka tidak mengerti arti penting atau kebermaknaan mempelajari negara-negara ASEAN tersebut. Apalagi jika gurunya hanya memaparkan begitu banyak informasi yang harus dihafalkan oleh siswa. Sebenarnya mempelajari negara ASEAN lebih bisa mengasyikkan jika saat menghafal anak-anak dibantu dengan teknik "jembatan keledai", audio visual, dls.

Oleh karena itu, pentingnya kita sebagai pengajar memberikan pengantar saat sebelum mempelajari ASEAN dengan mengangkat topik-topik yang sedang hangat semisal pro dan kontra kebijakan Presiden Filipina yang membuat kebijakan memerangi kejahatan narkoba dengan hukuman langsung tembak mati di tempat saat tertangkap. Setiap malam para wartawan yang menelusuri penerapan kebijakan tersebut di sana dikejutkan dengan mayat-mayat baru para penjahat narkoba yang selalu bergeletakan di jalan-jalan, Hal itu terjadi setiap hari, dan tidak terjadi di hanya satu lokasi tapi di beberapa lokasi. Dan herannya, mayoritas penduduk Filipina mendukung kebijakan ini. Sudah puluhan ribu gembong narkoba tewas dalam penerapan kebijakan ini dan mayatnya ditemukan tergeletak begitu saja di jalanan.

Tentunya info-info seperti itu akan memancing anak-anak untuk mempelajari negara-negara ASEAN lainnya, mendiskusikan permasalahan sosial bidaya, sistem pemerintahannya, agama, dan lain sebagainya. Video ini hanyalah secuil pengantar belajar tentang ASEAN yang tentunya bisa dikembangkan lagi dengan pengantar lainnya. Semoga bermanfaat. Klik https://www.youtube.com/watch?v=LeQDigjZVcg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)