Jumat, Juli 24, 2020

Cara Masuk Google Classroom Versi Pendidik


Banyak teman-teman pendidik yang bertanya ke saya tentang bagaimana masuk ke google classroom. Sepertinya maksudnya adalah bagaimana membuat kelas/classroom di google classroom. 

Okay, jadi google classroom ini adalah produk dari google yang sangat mengerti kebutuhan guru dalam mengajar, apalagi di saat-saat pandemi Corona dimana semua guru dituntut bisa melakukan pembelajaran jarak jauh atau belajar dari rumah. Banyak keuntungan saat kita menggunakan google classroom ini, antara lain saat kita mengirim materi, tugas, atau pengumuman untuk siswa-siswi kita di google classroom (GC), maka mereka akan mendapatkan notifikasi langsung di HP mereka masing-masing.

Mengapa ini bisa terjadi? karena handphone rata-rata berbasis android sehingga pasti menggunakan akun gmail. GC itu bisa terhubung ke seluruh produk google dengan mudah, salah satunya gmail. Itulah mengapa siswa-siswi kita langsung bisa mengetahui materi dan tugas terbaru hanya dengan cara menekan notifikasi yang sampai kepada mereka. Saat siswa-siswi mengerjakan tugas, dapat dengan mudah dikirim melalui GC dan tersimpan secara otomatis data pengerjaannya di google drive kita. Jika kita gabungkan dengan fasilitas pada google form maka kita dapat data pekerjaan siswa-siswi sudah dalam bentuk tabel spreadsheet yang dapat diunduh dalam bentuk excel. Rubrik pun juga bisa kita buat di sini dan anak-anak bisa mengetahui kriteria apa saja yang dinilai.

Materi-materi dan tugas kita pun bisa diatur rapi di classroom tersebut menggunakan fasilitas topik yang ada pada GC. Begitu pula presensi harian juga dapat kita buat dan anak-anak bisa mengisinya sendiri setiap hari. Sangat menarik bukan.

Kalau begitu tunggu apa lagi, silakan Bapak/Ibu bisa memulai fasilitas learning management system (LMS) milik google ini dengan membuka google classroom di akun gmailnya masing-masing. Bapak/Ibu bisa mendapatkan berbagai fitur yang sangat membantu dan diakses dengan cepat, ramah kuota, serta tentunya gratis. klik video tutorial berikut ini https://www.youtube.com/watch?v=Jnj-SAUuvGc Semoga bermanfaat. Aamiin ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)