Kamis, Agustus 06, 2020

Membuat PPT menjadi link YouTube

Di kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat PPT atau powerpoint menjadi link YouTube hanya dalam waktu singkat dan mudah. Hanya butuh lima tahapan atau lima langkah mudah saja maka sudah jadi.

Video tutorialnya ada di sini https://youtu.be/g03_QVJ6DXU

Okay, video ini terinspirasi dari salah satu teman kuliah saya dulu yang bertanya ke saya bagaimana sih membuat video pembelajaran yang paling mudah. Maklum, kebetulan dia juga seorang guru di sebuah sekolah yang juga dituntut untuk bisa mengajar kelas-kelas online, apalagi di masa pandemi saat kami membuat video ini. Video pembelajaran adalah salah satu senjata yang bagus dalam mengajar anak-anak karena tersajikan secara audio visual. Saya kira video tutorial ini bisa menjadi jawabannya.

Hal yang perlu kita butuhkan adalah microsoft office powerpoint yang ada di laptop kita. Tapi perlu diperhatikan, bahwa office yang bisa digunakan adalah yang tahun 2010 ke atas. Milik saya ini adalah office tahun 2013. Saya sudah pernah berhasil coba bikin video di office 2010 juga.

Langkah pertama adalah siapkan file powerpointnya. Masukkan gambar, tulisan, video, tambahkan slide dan lain sebagainya.

Langkah kedua, agar lebih bagus, maka beri animasi dan transition. Namanya aja mau bikin video pembelajaran, kalau ada animasi dan transition yang menarik khan hasil videonya nanti bisa tambah bagus.

Langkah ketiga, adalah record slide show. Presentasilah seperti layaknya kita presentasi di depan anak-anak. Powerpoint akan merekam suara dan waktu tiap slide yang Anda gunakan. Tapi ingat perhatikan detikan yang ada di kiri atasnya ya. Bicaralah jika sudah menunjuk detikan pertama.

Langkah keempat adalah mengubahnya menjadi video dengan memanfaatkan fitur export yang ada di powerpoint. Kita gunakan rekaman narasi dari suara kita tadi dan waktu per slide yang kita lakukan saat presentasi.

Langkah kelima adalah kirim ke YouTube. Buka browser chrome, kunjungi laman Youtube, sign in jika belum sign in. Lalu tekan tombol create dan masukkan video kita. Upload video pun berjalan. Mudah sekali

Menarik bukan? Untuk lebih jelasnya simak video tutorial berikut ini https://youtu.be/g03_QVJ6DXU

Semoga bermanfaat. Aamiin ^_^

------------------------
Didukung oleh:
Website Rumah Belajar Spesialis https://bit.ly/GoGuruLes
Admin Rumah Belajar Spesialis https://bit.ly/inforbs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)