Senin, Agustus 10, 2020

Cara Praktis Diskusi Kelompok di Kelas Online

Bismillaah, semoga sedikit ilmu ini bisa bermanfaat buat banyak orang. Kali ini saya ingin membahas tentang Cara Praktis Diskusi Kelompok di Kelas Online menggunakan Google Dokumen. Mengapa perlu ada diskusi kelompok? Saya yakin setiap guru paham pentingnya adanya pembelajaran yang mengondisikan anak-anak untuk saling bekerjasama, saling bertukar pikiran dan saling menghargai pendapat satu sama lain.


Oleh karena itu cukup patut kita membuat pembelajaran yang bersifat kolaboratif atau kerjasama kelompok. Tapi apakah hal tersebut bisa terjadi di kelas online? jawabannya bisa, dan Cara Praktis Diskusi Kelompok di Kelas Online ini bisa dengan menggunakan Google Dokumen.Mengapa pakai Google Dokumen? Karena di dalamnya ada banyak fitur yang sangat membantu diskusi online, yaitu anak-anak bisa mengerjakan dalam satu waktu di satu file, setiap anak bisa mengetahui temannya sedang menulis pendapat apa, memberi komentar, dan chatting langsung di kelompok. Sedangkan guru juga bisa memberi komentar serta melihat rekaman proses diskusi yang terjadi secara kronologis.


Sebelum memulai, beberapa hal yang harus disiapkan adalah:

1. memiliki daftar nama siswa lengkap, alamat gmail, dan username alamat gmail tersebut.

2. Anak-anak yang menggunakan handphone wajib instal google dokumen di HPnya masing-masing, sedangkan laptop tidak perlu. App Google Dokumen tersedia di Google playstore

3. Bikin lembar kegiatan siswa menggunakan google dokumen dan dapatkan linknya

4. Link diatur menjadi "semua menjadi editor". Sedangkan gmail siswa dalam satu kelompok tersebut (anggota kelompok) dapat ijin mengedit file tersebut, bahkan proses menjawab dapat dilakukan secara bersamaan dalam satu file.


Langkah-langkah Penugasan

1. Pasang pengumuman tentang nama ketua kelompok dan anggotanya di grup Whatsapp anak-anak/walimurid, berserta link lembar kegiatan siswa (LKS) tersebut. Siap dikerjakan. Beri batasan waktu pengerjaan.

2. Jika waktu pekerjaan sudah selesai, maka settingan file docs LKS tersebut diubah menjadi "hanya lihat saja", dan anak-anak tidak dapat lagi mengubah jawaban. Selengkapnya klik link video ini

https://youtu.be/8PmKpiBufqo


Semoga bermanfaat. Aamiin ^_^

Terimakasih  😍


------------------------

Didukung oleh:

Website Rumah Belajar Spesialis https://bit.ly/GoGuruLes

Admin Rumah Belajar Spesialis https://bit.ly/inforbs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)