Sabtu, Juli 15, 2017

Memperbaiki Kolam Ikan Rumahan

Ide untuk membuat kolam ikan rumahan ternyata yang memenangkan hati saya ketimbang menggunakan paralon-paralon untuk kebun hidroponik. Bukan karena masalah tidak ada minat, hanya saja rumah saya banyak ditutupi bayangan bangunan sehingga sulit mendapat sinar matahari untuk kebun hidroponik. Tapi meskipun begitu masih ada keinginan untuk membuat dan mencoba kebun hidroponik yang sesuai dengan kondisi rumah saya.

Sehingga setelah meminjam mata bor hole saw milik kantor dari Bapak Buaji, akhirnya saya kembalikan lagi ke beliau pada tanggal 14 Juli 2017 saat kantor masih persiapan untuk tahun ajaran baru 2017-2018 semester 1 di depan kantor litbang. Siapakah Bapak buaji itu? Kita tidak bahas di artikel ini ... hehehe.

Mata bor hole saw itu hanya saya gunakan untuk membuat 1 lubang di timba filter besar kolam ikan. Lubang itu sebagai tempat jalan pipa air back wash yang saya arahkan ke pohon mangga depan rumah. Yah lumayan buat pupuknya pohon mangga saya sekalian saat back wash. Tidak banyak yang berubah dari rakitan filter kolam ikan saya. Hanya itu saja.

Sekarang ini kolam ikan saya berisi hanya 60 ekor ikan nila, campur dengan 4 ekor ikan komet. Rencananya ya hanya ikan nila sajalah yang akan dikonsumsi, masak ikan hias kometnya yang dimakan ... hihihi.

Tapi ya begitulah, karena pada kolam berukuran 2 x 1 meter dengan kedalaman air 30-50 cm ini berisi 60 ekor ikan, dan sifat ikan nila yang agresif, maka beberapa ikan nila yang kecil kena bullying dari teman-teman ikan nila lainnya. Sudah 7 ekor ikan mati karena praktek bullying. Pakan saya berikan 3 kali sehari, tapi entah mengapa masih ada ikan nila yang suka mem-bully temannya. Hadah. Saya belum memiliki ide untuk mengatasi ini.

Tapi saat melihat masih banyak ikan yang bersliweran di kolam, berenang ke sana ke mari, dan antusiasme para ikan nila saat jam makan yang tinggi, membuat saya masih terhibur. Terutama untuk mengajarkan ke anak saya yang masih 3 tahun tentang kealaman, dalam hal ini pentingnya merawat hewan peliharaan dan bagaimana cara merawatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)