Senin, Juni 19, 2017

BUBBLE DARI GULA

Fuuuuuh ... mas Arvin meniup mainan bubblenya. Bubble pun bertebaran. Akhir-akhir ini, mas Arvin senang bermain bubble atau gelembung sabun. Tetangga ada yang jualan bubble seribuan dalam kemasan botol di tokonya. Tapi karena saking senangnya, dua hari sudah habis dimainkan mas Arvin. Daripada begitu mending bikin saja sendiri, lebih murah.

Seperti gampang bikinnya, ternyata kalau tidak tahu caranya ya bubblenya tidak pernah berhasil jadi banyak ketika ditiup. Tetangga saya ada yang coba bikin dari sunlight saja yang diencerkan dengan air. Ternyata tidak bisa berhasil seperti yang diinginkan alias tidak bisa ditiup. Setiap kali ditiup bubble langsung pecah. Ternyata bahan yang dibutuhkan tidak hanya sunlight dan air, tapi juga ... GULA.

Yup, betul sekali. Sebenarnya bukan gula tapi gliserin. Tapi gula lebih mudah didapatkan karena sudah tersedia di rumah. Hasilnya juga bagus kok asal perbandingannya yang tepat. Beberapa kali saya membuat, dan alhamdulillaah selalu berhasil, dengan perbandingan gula : sunlight : air = 1 : 1 : 9. Saya biasanya menggunakan takaran sendok makan, dengan perbandingan tersebut, bisa untuk 1 botol kemasan bubble yang dijual di toko tadi. Lumayan :)

Lebih jelasnya cara bikinnya seperti ini:
1. Panaskan air secukupnya hingga mendidih.
2. Masukkan air yang mendidih ke wadah yang sudah disediakan dan segera campur dengan gula sesuai perbandingan tadi.
3. Aduk hingga gula benar-benar sudah larut.
4. Lalu segera masukkan sunlight sesuai perbandingan. Aduk sampai gula benar-benar terlarut.
5. Masukkan ke dalam wadah atau botol yang sudah disediakan. Hati-hati jika larutan gula dan sunlight tersebut masih panas. Tunggu sampai dingin sebelum digunakan untuk bermain.

6. Untuk tangkai tiupnya bisa menggunakan kawat, sedotan, atau apalah yang bisa berbentuk lingkaran/cincin. Kalau saya menggunakan bekas mainan bubble sebelumnya.

Bermain bubble juga dapat untuk melatih OTOT BICARA yang sangat baik untuk kemampuan berbicaranya. Atau sekedar untuk media bermain dan bersenang-senang dengan si kecil. Fuuuuuuuh..selamat membuat bubble. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)