Sabtu, September 13, 2014

Belajar Matematika Tentang Faktor Pakai IT

Siswa telah mengenal operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan. Operasi-operasi hitung tersebut akan digunakan dalam mempelajari faktor bilangan.

Setiap bilangan mempunyai faktor. Faktor adalah pembagi dari suatu bilangan, yaitu bilangan-bilangan yang membagi habis bilangan tersebut. Kegunaan dari mempelajari faktor dapat kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Misal Dani mempunyai 12 permen coklat, 20 permen kacang, dan 8 permen jahe. Dani ingin membagikannya pada teman-temannya dan akan dimasukan ke dalam plastik. Berapa plastik yang dibutuhkan agar setiap plastik berisi permen coklat, permen kacang, dan permen jahe dengan jumlah yang sama? Berapa permen coklat, permen kacang, dan permen jahe pada setiap plastik?.

Dengan belajar Matematika tentang Faktor, kita dapat menjawab persoalan di atas dengan cepat dan tepat. Agar lebih mudah dipahami, penjelasan saya juga pakai IT atau teknologi informasi, berupa file office PowerPoint dan Excel, yang bisa Anda unduh atau download untuk memperjelas pembahasan tentang faktor bilangan.
(link download ada di setiap penjelasan) 

FAKTOR
Bagaimana cara menentukan faktor?
Contoh:
Tentukan faktor dari bilangan 8 dan 9!
jawab:
Jadi faktor 8 adalah 1, 2, 4, dan 8. Agar pembahasan tentang faktor lebih jelas, unduh atau download file PowerPoint saya, klik di sini.
Sedangkan, faktor 9 adalah  1, 3, dan 9.

FAKTOR PERSEKUTUAN
Ada pula istilah faktor persekutuan. Faktor persekutuan dari dua bilangan adalah faktor-faktor dari dua bilangan tersebut yang bernilai sama. Faktor persekutuan dari tiga bilangan adalah faktor-faktor dari tiga bilangan tersebut yang bernilai sama. Dan seterusnya.

contoh 1:
Tentukan faktor persekutuan dari 12 dan 18!
jawab:
Jadi faktor persekutuan dari 12 dan 18 adalah 1, 2, 3, dan 6.

FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR
Ada pula istilah Faktor Persekutuan terBesar, disingkat FPB. FPB dari 2 bilangan adalah faktor persekutuan dari 2 bilangan tersebut yang nilainya paling besar. FPB dari 3 bilangan adalah faktor persekutuan dari 3 bilangan tersebut yang nilainya paling besar. Dan seterusnya.

Lihat faktor persekutuan dari 12 dan 18 di atas, maka FPB atau faktor persekutuan terbesarnya adalah 6.

Agar pembahasan tentang faktor persekutuan dan FPB lebih jelas, unduh atau download file PowerPoint saya, klik di sini.

CARA CEPAT MENCARI FPB (Magic Box)
Ada pula yang menggunakan cara "matrik" alias "mesin hitung" alias "tusuk sate" alias "magic box" alias "bagi bersama" alias "sengkedan" dan alias-alias lainnya. Maklum, ngasih namanya suka-suka yang makai ^_^ ... hehehe.

Contoh soal:
Dani mempunyai 12 permen coklat, 20 permen kacang, dan 8 permen jahe. Dani ingin membagikannya pada teman-temannya dan akan dimasukan ke dalam plastik.
a. Berapa plastik yang dibutuhkan agar setiap plastik berisi permen coklat, permen kacang, dan permen jahe dengan jumlah yang sama?
b. Berapa permen coklat, permen kacang, dan permen jahe pada setiap plastik?

Jawab:
a. Pertanyaan ini dapat dijawab dengan cara mencari FPB-nya. Berikut ini cara mencari FPB menggunakan cara "magic box". Bagaimana langkah-langkah penggunaan magic box? klik di sini untuk mengunduh file PowerPoint yang sudah saya buatkan.
Maka, FPB dari bilangan 12, 20, dan 8 adalah 2 x 2 = 4.
FPB = 4. Jadi butuh 4 plastik.

b. Jumlah permen coklat, permen kacang, dan permen jahe pada setiap plastik.
  • Permen coklat = 12 dibagikan sama rata ke 4 plastik = 12 : 4 = 3 permen coklat di setiap plastik.
  • Permen kacang = 20 dibagikan sama rata ke 4 plastik = 20 : 4 = 5 permen kacang di setiap plastik.
  • Permen jahe = 8 dibagikan sama rata ke 4 plastik = 8 : 4 = 2 permen jahe di setiap plastik.


Catatan:
Dan untuk mengecek kebenaran jawaban FPB di atas, bisa menggunakan file excel "Belajar Matematika Tentang Faktor pakai IT (excel)". Untuk download klik di sini.

Untuk belajar KPK dan FPB, Silakan unduh file excel dan powerpoint saya, klik di sini dan klik di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)