Rabu, Oktober 01, 2014

Manfaat Alat Hitung Berat Badan Ideal (Download)

Bagi beberapa orang menghitung berat badan ideal agaklah ribet. Oleh karena itu, saya membuat alat hitung berat badan ideal menggunakan microsoft excel yang semoga bisa membantu Anda untuk mengontrol berat badan Anda sehingga bisa ideal, yah atau setidaknya masih bisa normal. Untuk download, klik tautan atau link yang ada di akhir artikel atau postingan ini.

Apa sih manfaatnya menghitung berat badan ideal?
Manfaat jika kita mengetahui berat badan ideal
pada kasus mereka yang kegemukan:
  1. Membantu Anda untuk waspada terhadap resiko penyakit jantung dan stroke akibat kegemukan.
  2. Membantu mengontrol diabetes tipe 2 (non insulin-dependent diabetes atau tipe diabetes yang terjadi bukan karena rasio insulin dalam sirkulasi darah). Pada banyak kasus, pasien bisa mengurangi atau bahkan tidak memerlukan lagi pengobatan jika memperhatikan berat badan idealnya.
  3. Mengurangi resiko terkena jenis kanker tertentu. Pada masa pasca menopause, wanita yang menderita obesitas beresiko 50% lebih besar terkena penyakit kanker payudara. Sementara itu pada pria dengan obesitas resiko terkena kanker usus 40% lebih besar. Obesitas juga dianggap sebagai resiko penyebab kanker rahim, kanker leher rahim, kanker ovarium, kanker kantong empedu dan kanker prostat.
  4. Mengurangi tekanan pada punggung dan sendi Anda. 
  5. Meningkatkan energi. Membawa beban lebih berat dapat membuat Anda jadi lamban dan capek.
  6. Meningkatkan rasa percaya diri.
pada kasus mereka yang terlalu kurus
  1. Bisa waspada terhadap resiko patah tulang. Lemak bisa diibaratkan sebagai bahan bakar dalam pembentukan esterogen, hormon seks perempuan yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Makin sedikit lemak tubuh, makin sedikit esterogen yang dihasilkan sehingga tulang menjadi rapuh karena massanya sedikit.
  2. Perempuan yang terlalu kurus 3 kali lebih rentan serangan jantung di usia 42 tahun ke atas, lemak yang terlalu sedikit di persendian memicu arthritis atau radang sendi, yang merupakan faktor risiko penyumbatan pembuluh darah ke jantung.
  3. Perempuan yang terlalu kurus memiliki risiko keguguran 72 persen lebih besar pada trimester pertama.
  4. Terlalu kurus mengurangi produksi serotonin (hormon untuk menghadirkan perasaan senang), sehingga lebih mudah depresi.
  5. Penyakit paru-paru kronis seperti asma, bronkitis dan pneumonia lebih banyak menyerang perempuan lanjut usia yang berat badannya di bawah rata-rata.
  6. Pada pria dewasa yang terlalu kurus, produksi sel sperma akan terganggu sehingga sulit membuahi sel telur karena jumlah dan kepekatannya berkurang.
  7. Para ilmuwan menemukan gen ramping pada pria yang bisa menimbulkan masalah diabetes juga. (betul-betul..betul.. teman saya juga meski kurus bisa kena diabetes).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)