Selasa, September 02, 2014

Alquran dan Sains tentang Manfaat Gelap

Ahli biologi Joan Robert mengatakan tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika berada dalam ruangan yang gelap. Hormon ini adalah salah satu hormon kekebalan tubuh yang memiliki manfaat untuk memerangi dan mencegah (melindungi) kita dari berbagai penyakit.

Sejak empat belas abad yang lalu, jauh sebelum sains mengetahui hal tersebut, Allah telah menginformasikan tentang manfaat gelap (malam) di Alquran di Surat Al-Furqān (25):47 - "Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangun berusaha."

Makna pakaian bisa kita artikan "melindungi". Dengan adanya malam, tubuh terkondisikan pada tempat gelap sehingga hormon melatonin bisa dihasilkan. Tidak hanya manfaat bisa istirahat saja yang kita dapatkan dengan adanya malam, tapi juga tubuh lebih sehat.

Cahaya sekecil apapun bisa mengganggu proses produksi hormon melatonin tubuh Anda, dan juga membuat Anda tidak nyenyak tidur. Penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Health mengungkapkan fakta bahwa paparan terhadap cahaya selama 1 menit setiap 2 jam saat malam hari bisa menekan produksi hormon melatonin hingga 65%.

Jika memang kita terpaksa menyalakan lampu, terutama yang punya baby, untuk memudahkan orangtua agar bisa tetap mengawasi si kecil saat tidur, maka sebaiknya menggunakan lampu warna merah. Karena menurut para ahli di New York University, merah adalah satu-satunya warna yang terbukti tidak menghambat produksi hormon melatonin dalam tubuh.
lampu merah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)