Minggu, September 25, 2011

Penemuan Planet Terbaru dengan Dua Matahari


Setelah terbatas pada cerita fiksi ilmiah, sebuah planet mengitari dua bintang ternyata memang benar-benar telah ditemukan. Sistim tata surya kita hanya memiliki 1 matahari, kini para ilmuwan telah melihat di luar tata surya kita sebuah planet yang berukuran seperti Saturnus, yang disebut planet Kepler-16b, yang mengorbit sistem bintang biner (dua matahari).

Matahari terbenam di Kepler-16b akan terlihat seperti matahari terbenam ganda seperti dalam film Star Wars, hanya lebih baik, kata astrofisikawan Laurance Doyle dari SETI Institute di Mountain View, California "Alam selalu lebih menakjubkan," kata Doyle menggambarkan Kepler-16b. "Anda akan mendapatkan matahari terbenam berbeda setiap hari!"

Kedua matahari tersebut memiliki ukuran yang berbeda, warna berbeda, dan dengan tempat yang selalu berubah. Setiap 41 hari, bintang-bintang tersebut seperti menari membentuk lingkaran di sekitar satu sama lain, secara berkala menutupi satu sama lain dan membalikkan posisi mereka di langit. Bintang yang lebih besar berwarna oranye dengan massa sekitar 69 persen dari massa matahari, dan bintang yang lebih kecil berwarna cukup merah dengan massa hanya 20 persen dari massa matahari.

Doyle menjelaskan bahwa planet Kepler-16b membutuhkan 229 hari Bumi untuk menyelesaikan orbitnya mengelilingi dua bintang tersebut. Planet ini dianggap setengah gas, setengah batu dan es serta mirip dengan Saturnus baik dalam massa maupun ukuran.

sumber: http://www.thedailystar.net/

1 komentar:

Beri komentar atau masukan ya :)