Kamis, Oktober 20, 2011

Orbit Bumi

Kesalahan Pemahaman tentang Orbit Bumi

Orbit adalah jalan yang dilalui oleh benda, di sekitar benda lainnya, dengan pengaruh dari gaya tertentu. Orbit pertama kali dianalisa Johannes Kepler yang merumuskan hasil perhitungannya dalam hukum Kepler tentang gerak planet. Dia menemukan bahwa orbit dari planet dalam tata surya kita adalah berbentuk elips dan bukan lingkaran seperti yang dipercaya oleh orang jaman dahulu.

Orbit bumi juga berbentuk elips, tetapi orbit elips bumi mengelilingi matahari sebenarnya hampir berbentuk lingkaran, tidak dilebih-lebihkan seperti gambar di bawah ini atau yang biasanya diajarkan di banyak kelas IPA/Sains.
Gambar orbit bumi pada matahari yang terlalu dilebih-lebihkan

Orbit semua benda di tata surya berbentuk elips karena pengaruh gaya dari banyaknya benda yang ada di tata surya. Semua benda tersebut memberikan pengaruh gravitasi satu sama lain sehingga bentuk orbit tidak bisa berbentuk lingkaran.

Orbit lingkaran baru terbentuk apabila:
  • kondisi idealnya adalah hanya ada dua benda dalam satu sistem dan tidak ada benda lain pada jarak yang cukup jauh sehingga tidak ada gravitasi yang mempengaruhi kedua benda tersebut.
  • laju orbit benda harus pada nilai tertentu (tetap) dan tidak boleh kurang ataupun lebih dari itu.
Di tata surya kita, kedua syarat tersebut tidak bisa dipenuhi. Banyak sekali terjadi tumbukan antar benda yang akan mengubah kecepatan benda yang bertumbukan sehingga memiliki kemungkinan kecil untuk mendapatkan nilai laju yang pas agar orbit berbentuk lingkaran. Oleh karena itu, orbit benda-benda di tata surya pun berbentuk elips, termasuk orbit bumi mengelilingi matahari.

Disusun dan diketik oleh: OmCan
Sumber baca sana-sini:
http://bit.ly/9VJXQn
http://id.wikipedia.org/wiki/
http://www.newyorkscienceteacher.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)