Rabu, Juli 21, 2010

Paul Si Gurita Peramal di Piala Dunia 2010 BUTA WARNA

Saya teringat sebuah tebakan, tebakannya seperti ini “Apa nama hewan yang kakinya ada di kepala semua?” He..he..he.. sewaktu saya masih kecil, saya pernah ditanyai oleh kakak kelas tentang teka-teki tersebut. Terus terang, waktu itu saya tidak tahu, masak ada hewan yang kakinya di kepala semua. .... eeeh, ternyata jawabannya kutu rambut... wahahaha...

Tapi tahukah kalian, ternyata dalam kenyataannya memang ada jenis hewan yang kakinya ada di kepala semua, apakah itu?

Ilmuwan memberikan sebutan jenis hewan ini dengan nama hewan “Cephalopoda” (dalam bahasa latin, artinya: kaki hewan terletak di kepala).

Salah satu hewan yang termasuk kelas Cephalopoda adalah gurita. Anda pernah melihat gurita?  Sepertinya pada musim piala dunia 2010, bagi kalian yang senang berita-berita tentang sepakbola, pasti pernah melihat gurita, ..itu lho Paul Si Gurita Peramal.

Gurita adalah makhluk invertebrata (tidak bertulang belakang) yang memiliki 8 kaki (baca: lengan) dengan bulatan-bulatan pada setiap bagian bawahnya yang berfungsi sebagai alat penghisap yang digunakan untuk menangkap mangsa dan untuk membantu berjalan di karang-karang. Semua bagian tubuh gurita hanyalah berupa otot-otot, mereka tidak memiliki tulang, sehingga mereka sangat fleksibel ketika harus melewati celah-celah karang yang sempit. Bagian tubuh mereka yang paling keras hanyalah bagian paruhnya, yang berfungsi untuk membunuh mangsanya dan memotong-motongnya menjadi kecil-kecil agar mudah dimakan.

Gurita juga terkenal sebagai hewan berdarah biru (..bukan berarti darah birunya “bangsawan” lho yah). Ini terjadi karena gurita tidak memiliki Hemoglobin. Hemoglobin mengandung banyak zat besi dan mampu mengangkut oksigen dengan efektif. Tetapi gurita hanya memiliki Hemosianin yang banyak mengandung tembaga dan tidak diikat oleh sel darah merah, sehingga darahnya berwarna biru.

Pada piala dunia, Paul Si Gurita Peramal dikatakan bisa meramal siapa pemenang piala dunia dengan memilih gambar bendera dari tim kesebelasan yang beradu.
Ternyata ada sebuah fakta yang menunjukkan bahwa gurita sebenarnya BUTA WARNA.
Selama ini ternyata gurita jantan tersebut hanya bisa memilih bendera yang paling kontras paduan warnanya. Perhatikan saja warna bendera-bendera tim kesebelasan yang menang dan bandingkan dengan warna bendera-bendera tim kesebelasan yang kalah.
Gambar bendera yang menang: Serbia (merah, biru, putih), Spanyol (merah dan kuning dengan logo kerajaan di tengahnya)
Gambar bendera yang kalah: Jerman (hitam, merah, dan kuning), Inggris (berdasar putih dengan salib besar berwarna merah), Argentina (didominasi warna biru lembut dan putih), Belanda (merah, putih, biru), Uruguay (hampir sama benderanya dengan Argentina).

(lebih jelasnya untuk mengetahui bagaimana lambang bendera, kalian bisa klik di sini "lambang bendera")

Lagi-lagi tipu daya setan berusaha mempengaruhi pemikiran manusia yang masuk akal menjadi tahayul. Fuuh.....



ditulis oleh: OmCan
Sumber: http://en.wikipedia.org/, http://www.detikpertama.com/






pendidikan ipa sd, sekolah dasar ilmu pengetahuan alam, belajar pendidikan lingkungan, kelas ilmu pengetahuan alam, science fact knowledge blog, sekolah dasar kelas, belajar ipa sd

1 komentar:

  1. Justru itu kelebihan seorang , ehh salah seekor paranormal nggak mesti tahu yang akan diprediksi....hehehehe...
    kalo ngomong masalah hewan,
    ditempatku juga ada hewan lho mas

    BalasHapus

Beri komentar atau masukan ya :)