Kamis, Maret 24, 2016

Mencoba Fun Handprint Activity

Judul lukisan: "Obok-obok kolam ikan"
oleh Ayah dan mas Arvin
Fun handprint activity (masih belajar, edisi mencoba ^_^ ) ... karya ayah dan arvin. Handprint bunda di lembar berikutnya ya ... tempatnya sudah nggak cukup, bun :D hehehe.

Apa sih manfaatnya kegiatan handprint ini?
Fun handprint activity termasuk dalam kategori keepsake crafts (keepsake = kenang-kenangan. Craft = kerajinan). Kegiatan ini bisa digunakan untuk merekam pertumbuhan anak. Tidak hanya handprint tetapi bisa juga footprint. Hasil karya ini bisa digunakan sebagai pajangan yang unik dan bisa juga sebagai bahan cerita dan diskusi orang tua ke anak, terutama ketika anak menginjak di usia berikutnya. Ketika anak diajak untuk mengamati dan membandingkan hasil handprint atau footprint dari bulan ke bulan, orang tua bisa menjadikan hasil karya ini sebagai pengantar diskusi tentang pertumbuhan yang sedang dialami oleh si kecil. Diskusi ini bisa dikembangkan bahwa seiring dengan pertumbuhannya, perkembangan kemampuannya juga bertambah, dan seyogyanya termasuk tanggungjawab dan kemandiriannya pula.

Dengan kata lain, hasil karya handprint dan footprint bisa menjadi salah satu media pembelajaran nilai-nilai dan pengetahuan dari orang tua dan anak. Dari interaksi ini anak bisa mendapatkan pengetahuan yang berharga dan interaksi yang berkualitas dengan orang tuanya, serta dapat pula meningkatkan kemampuan berbahasanya. Menurut Keith Topping, seorang profesor di Sekolah Pendidikan di Universitas Dundee - UK, bahwa kualitas interaksi antara orangtua dan anak yang tinggi terbukti lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak dibanding banyak waktu yang dihabiskan bersama anak dengan kualitas interaksi yang rendah.

Oke sekilas saja mengenai manfaatnya. Untuk membuat keepsake craft semacam handprint ini, tidak perlu bahan-bahan yang mahal atau sulit dicari. Gunakan saja apa yang ada di sekitar kita.

Bahan:

  1. kalender 2016, bisa juga kalender bekas. Gunakan yang model digantung di dinding.
  2. cat air dan kuas
  3. kertas asturo putih
  4. lem kertas atau doubletape

Langkah-langkah:

  1. Tempelkan kertas asturo di kalender. Kalau tanggalnya masih dipakai (punya saya kalender 2016) ya ukur dulu kertas asturonya dan sesuaikan sebelum di tempel sehingga hanya menutupi gambar kalender dan tidak menutupi bagian tanggalnya.
  2. Imajinasikan dulu gambar apa yang ingin dibuat. Diskusikan dulu dengan pasangan Anda dan anak Anda.
  3. Basahi tangan si kecil dengan air dan beri cat air dan ratakan di telapak tangannya. Tempelkan telapak tanggannya ke atas kertas asturo.
  4. Hias handprint yang sudah dibuat. Bentuk menjadi beraneka ragam gambar, misalkan gambar ikan, gurita, dan lain sebagainya.

tanda tangan pelukis ^_^
Kami masih belajar, judulnya "Obok-obok kolam ikan" (padahal waktu itu inginnya gambar rumput laut dan ikan" ... hehehe), dan menurut kami hasilnya masih kurang memuaskan ^_^. Tapi si kecil sudah senang setiap kali melihat lukisan tangannya dan berceloteh (belum jelas) seraya menjelaskan bahwa itu lukisannya. Apalagi waktu itu saya ajak untuk menuliskan tanda tangannya, saya kasih contoh dan si kecil menirunya. Tanda tangan anak saya lucu. :D ... "bagus mas tanda tangannya"

Sebagai bahan inspirasi bentuk lukisan apa saja yang bisa dibuat, berbagai macam bentuk handprint dan footprint lainnya bisa dilihat di sini:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)