Rabu, September 19, 2012

Hewan Berkantong Bukan Kanguru

klik gambar untuk memperbesar

Kanguru merupakan salah satu hewan marsupialia. Marsupialia adalah kelompok mamalia yang umumnya berkantung (marsupial). Kanguru memiliki kebiasaan tidur pada siang hari dengan udara yang panas dan berkembang biak apabila ada hujan dan tumbuh tanaman  baru. Kanguru mempunyai dua kaki belakang yang kuat, telapak kakinya yang besar didesain untuk meloncat. Kanguru biasa melompat dengan kecepatan 20-25 km/jam, bahkan bisa mencapai 70 km/jam.

Kata Kanguru berasal dari kata “Kanggaroo” atau lebih tepatnya “Kang-Ga-Roo” yang merupakan bahasa suku Aborigin (suku asli Australia), yang berarti “Saya tidak mengerti!”
:-)
Kisahnya begini, suatu hari pelaut Amerika/Inggris mendarat di Australia. Pelaut itu lalu melihat seekor hewan yang sangat unik, berkantung. Pelaut itu lalu bertanya kepada orang suku Aborigin, suku asli Australia di sana, yang juga sama-sama tidak tahu hewan apa itu. Pelaut bertanya, "hewan apa itu?" Dijawab, "Kang-Ga-Roo." Yang artinya "Saya tidak mengerti!". Karena pelaut menganggap Kanggaroo adalah nama hewan itu, maka sampai sekarang hewan itu diberi nama Kanggaroo, atau di Indonesia disebut Kanguru.

Sebagian orangtua jika ditanya oleh anaknya, "hewan apa yang berkantong?", kebanyakan mereka menjawab Kanguru. Sebenarnya tidak hanya kanguru. Masih banyak hewan marsupial (berkantong) yang lain, mereka memiliki kesamaan yakni yang betina memiliki kantong, namun perbedaan secara fisik masih terlihat, baik tinggi maupun besarnya, antara lain:

  1. Walabi merupakan hewan penghuni hutan yang ukurannya kecil.
  2. Quoll adalah marsupial karnivora yang merupakan spesies asli Australia dan Papua Nugini. Quoll dewasa memiliki panjang 25 sampai 75 cm, dengan ekor berambut sepanjang 20-35 cm. Bayi quoll besarnya sama dengan butir padi!
  3. Wallaroo adalah hewan dari Australia ukurannya lebih kecil dari kanguru tapi lebih besar dari wallabies.
  4. Pademelons ukurannya kecil, ekor tebal dan pendek.
  5. Quokka, bentuknya menyerupai tikus raksasa.
  6. Tasmanian devil merupakan marsupialia karnivora terbesar di dunia. Binatang ini sama dengan seekor anjing kecil, tetapi badannya kekar dan berotot.
  7. Opossum berukuran seperti kucing rumah besar, dan yang terkecil bisa seukuran tikus kecil. Opossum memiliki ekor yang dapat memegang ranting.
  8. “Beruang” Koala, sebenarnya bukan jenis beruang, namun karena mirip beruang, banyak orang yang menyebutnya begitu. Koala juga marsupial (berkantong).


Disusun dan diketik oleh: omcan

Sumber baca sana sini:
http://id.wikipedia.org/wiki
http://en.wikipedia.org/wiki
http://www.visualdictionaryonline.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)