Selasa, Februari 21, 2012

Tumbuhan Parasit Pohon Mangga

Tumbuhan parasit adalah tumbuhan yang untuk kelangsungan hidupnya menggantungkan sebagian atau seluruh sumber energinya pada tumbuhan lain (disebut tumbuhan inang) dan mengakibatkan inangnya mengalami kekurangan energi. Pola interaksi dua makhluk hidup yang berlainan jenis ini di mana pihak yang satu mendapat keuntungan dan merugikan pihak lainnya disebut dengan simbiosis parasitisme. Salah satu contoh tumbuhan parasit adalah tumbuhan Benalu.

Akar isap dari Benalu mampu mengisap sari makanan dari tumbuhan yang ditumpanginya dengan cara menancap pada batang tumbuhan yang hidup hingga masuk ke pembuluh phloem tumbuhan inang. Perlu diketahui pembuluh phloem adalah adalah jaringan pengangkut hasil fotosintesis, terutama gula sukrosa, dari daun menuju bagian-bagian tumbuhan lainnya, semisal batang. Dengan demikian, batang tumbuhan itu akan kehilangan sari makanannya dan akhirnya mati. Oleh karena itu, jika Anda menemukan tumbuhan benalu di pohon milik Anda, maka segera potong benalu tersebut agar tidak menjalar dan merugikan batang-batang lain pada pohon tersebut.

Sewaktu berkebun, saya berhasil memotong batang pohon mangga yang ditumbuhi benalu. Berikut merupakan foto tumbuhan benalu yang ada pada pohon mangga saya.
klik pada gambar untuk memperbesar


Benalu menyebar dan sampai pada dahan tumbuhan dengan perantara burung. Benalu memiliki buah-buah kecil, apabila sudah masak rasanya manis. Buah ini, bersama bijinya, dimakan burung. Pada saat burung itu membuang kotoran, biji benalu akan ikut keluar bersama kotoran burung. Apabila biji benalu itu melekat pada dahan, maka biji akan tumbuh menjadi tumbuhan baru. Contoh tumbuhan benalu sering terlihat pada pohon mangga, rambutan, apokat, dan belimbing.

Sumber:
http://id.shvoong.com/exact-sciences/
http://id.wikipedia.org/wiki/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)