Rabu, Agustus 10, 2011

Fakta dan Tebakan tentang Dinosaurus

Jika Dinosaurus terakhir mati sekitar 65 juta tahun lalu, dan Dinosaurus primitif pertama kali ada di planet ini 248 juta tahun yang lalu, maka bagaimana para ilmuwan bisa mengetahui banyak hal tentang Dinosaurus? Bahkan beberapa film fiksi ilmiah, seperti film Jurassic Park mampu menunjukkan bagaimana perilaku hewan-hewan tersebut sewaktu hidup.

Fakta dan Tebakan tentang Dinosaurus
Sebenarnya sangat sedikit yang diketahui pasti tentang dinosaurus, mengingat semua pengetahuan tentang dinosaurus berdasarkan pecahan batu. Segala sesuatu yang kita tahu tentang dinosaurus datang dari studi kita tentang fosil. Ada dua macam fosil, yakni fosil tulang dan fosil jejak. Keduanya membantu kita untuk belajar tentang cara dinosaurus tampak dan bertindak. Fosil tulang memberitahu kita seberapa besar binatang itu dan bentuk mereka. Fosil jejak dapat membantu untuk menunjukkan bagaimana dinosaurus berjalan.

Tetapi fosil tidak dapat memberitahu kita hal-hal penting lainnya, seperti warna, dan beberapa perilaku. Para ilmuwan membuat tebakan tentang hal-hal ini dengan membandingkan antara dinosaurus dengan makhluk hidup lain yang lebih diketahui manusia.

Jika sebuah dinosaurus memiliki gigi tajam dan cakar maka makan daging. Dan jika dinosaurus memiliki gigi tumpul dan otot rahang yang kuat maka makan tanaman.

Jika kita tahu habitat di mana dinosaurus hidup, maka kita bisa menebak warna mereka. Hewan cenderung memiliki warna yang mirip dengan lingkungan mereka sehingga mereka dapat berbaur dan tidak diperhatikan.

Kita bisa mengetahui perilaku dinosaurus dengan melihat perilaku hewan modern yang mirip dengan mereka dalam hal makanan, habitat, dan ukuran. Dengan memahami bagaimana organ-organ dan otot dihubungkan ke seluruh tubuh, kita bisa menarik kesimpulan tentang seperti apa dinosaurus ketika masih hidup.

Itulah cara para ilmuwan mendapatkan pengetahuan tentang binatang yang telah mati selama jutaan tahun.

Diterjemahkan dan ditulis oleh: OmCan
Sumber:
http://cache.gawkerassets.com/
http://www.paleontology.esmartstudent.com/





Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)