Jumat, Agustus 12, 2011

Manfaat atau Khasiat Buah Kurma

Khasiat atau Manfaat Kurma

Tinggi pohon Kurma atau Date Palm (Phoenix dactylifera) bisa mencapai 82 kaki (25 meter). Buah Kurma yang masih mentah berwarna kuning (tahap pematangan awal). Beberapa konsumen menikmati buah Kurma dalam tahap berikutnya yakni saat berukuran penuh dan masih renyah, sementara yang lain menunggu buah Kurma mencapai kondisi matang dan lembut.

Nutrisi Buah Kurma
Kurma memiliki rasa manis yang dapat digambarkan rasanya seperti campuran madu dan sirup gula. Selain rasanya yang manis, buah ini sangat bergizi karena kaya akan vitamin A1, B1, B2, B3, B5 dan memiliki sekitar dua puluh asam amino esensial. Buah ini memiliki kadar yang tinggi pada kalium, fosfor, kalsium, dan juga mengandung serat makanan dalam jumlah yang cukup besar. Satu buah Kurma besar (sekitar delapan gram) mungkin memiliki sekitar 23 kalori. Satu cangkir buah Kurma mengandung sekitar 4,5 gram protein, 0,7 gram lemak, 134 gram karbohidrat, 14 gram serat makanan, 113 gram gula.

Khasiat atau Manfaat Buah Kurma
Buah Kurma sangat bergizi dengan berbagai senyawa yang bermanfaat, ia menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan. Buah dengan kaya serat ini cukup efektif dalam mencegah penyerapan kolesterol di usus. Isi serat yang tinggi membuatnya menjadi pencahar juga. Buah Kurma mengandung jumlah tinggi vitamin A, yang penting untuk kesehatan mata. Vitamin A juga baik untuk kulit dan selaput lendir. Manfaat lain dari kurma adalah bersifat antioksidan disebabkan oleh adanya tanin, yang dapat melawan peradangan, infeksi dan perdarahan. Sebagaimana disebutkan di atas, kurma mengandung sekitar dua puluh asam amino yang membantu dalam pencernaan. Tingkat kalium dan mineral dalam kurma yang sangat tinggi berguna untuk kesehatan sistem saraf.

Buah Kurma juga dikenal untuk meningkatkan stamina. Buah ini juga kaya dengan flavonoid beta-karoten, sehingga Kurma dapat menjaga sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.


Diterjemahkan dan dituliskan oleh: OmCan
Sumber:
http://www.wisegeek.com/
http://www.buzzle.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)