Jumat, Januari 07, 2011

Penemuan Terbaru di Bidang Psikologi

Penemuan Terbaru di Bidang Psikologi

Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dan proses mental. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengetahui hubungan kondisi mental manusia terhadap kepandaian berhitung, berbahasa, dan kesehatannya. Berikut penjelasannya:

  1. Banyak orang yang bagus dalam musik maka bagus pula dalam hal kemampuan berbahasanya. Hal ini tidaklah mengejutkan, karena antara belajar musik dengan belajar berbahasa memiliki banyak kesamaan. Kedua-duanya mensyaratkan Anda untuk "mendengar" dengan baik, yakni kemampuan untuk mendengar perbedaan dari bermacam-macam suara. Kedua-duanya juga mensyaratkan Anda untuk meniru atau menghasilkan suara yang sama dengan yang Anda dengar. Sehingga, ketika kamu belajar musik atau bahasa, kamu harus belajar aturan-aturan yang kompleks. Belajar bahasa, aturannya berupa tata bahasa dan pemaknaan. Sedangkan belajar musik, aturannya adalah tentang suara dan nada. Tidak mengejutkan, penelitian telah menemukan sebuah bukti ilmiah mengapa manusia kecenderungan bagus di musik dan bahasa. Berdasarkan penelitian di Jerman, ternyata kita menggunakan bagian yang sama pada otak dalam belajar musik dan berbahasa. Bagian otak ini dinamakan sebagai area Broca. Para ilmuwan telah mengetahui bahwa area tersebut kita gunakan saat kita belajar berbahasa. Sekarang para ilmuwan juga mempercayai bahwa area Broca pada otak juga kita gunakan saat kita mempelajari musik.
  2. Beberapa siswa menjadi merasa sangat khawatir ketika mereka harus mengerjakan permasalahan matematika atau saat menghadapi ujian matematika. Para psikolog menyebut ini sebagai “Math Anxiety” (kekhawatiran pada matematika). Guru terbiasa berpikir bahwa ini terjadi karena siswa memang tidak terlalu bagus pada matematika. Sekarang, bagaimana pun, peneliti berfikir bahwa siswa yang mengalami kekhawatiran pada matematika sebenarnya tidak terlalu buruk dalam matematika. Para peneliti tersebut memiliki alasan yang sangat lain dalam menjelaskan hasil siswa yang kurang memuaskan dalam ujian matematika. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa perasaan khawatir atau ketakutan mereka yang mencegah otak mereka bekerja dengan baik. Satu area di otak yang terkena dampaknya adalah di bagian yang menjalankan ingatan (Working memory), yang menyimpan informasi baru dalam pikiran kita. Working memori (memori kerja) adalah kemampuan untuk secara aktif menyimpan informasi dalam pikiran, diperlukan untuk melakukan tugas kompleks seperti penalaran, pemahaman dan pembelajaran. Tipe memori ini sangat penting digunakan dalam mengerjakan masalah matematika. Tetapi mengapa para siswa mengalami ketakutan saat pertama kali menghadapi matematika? Itu merupakan pertanyaan penting lainnya bagi para guru dan peneliti pendidikan.
  3. Penelitian terbaru telah menyimpulkan bahwa jika Anda adalah orang yang sehari-hari hidup dengan perasaan positif, maka Anda memiliki potensi dapat hidup lebih lama. Dr. Debora D. Danner dan para psikolog lainnya telah melihat kumpulan catatan dari 180 wanita. Semua wanita tersebut diminta untuk mencatat perjalanan hidup mereka (semacam autobiografi pendek) dimulai saat mereka berumur 20 tahun. Beberapa di antara mereka memiliki catatan-catatan yang menunjukkan jumlah perasaan negatif yang cukup banyak selama perjalanan hidup mereka. Dan beberapa wanita yang lain menunjukkan perasaan positif yang lebih banyak, seperti rasa senang, rasa ingin tahu, dan rasa cinta. Kemudian para psikolog tersebut mengamati sejarah hidup ke 180 wanita tersebut untuk mengetahui bagaimana mereka hidup setelah masa muda itu. Ternyata, wanita yang penuh dengan perasaan positif bisa hidup lebih lama, dan rata-rata lama hidup mereka 10,5 tahun lebih lama dibandingkan lama hidup wanita yang memiliki sedikit perasaan positif sepanjang hidupnya.


diterjemahkan, disusun, dan diketik oleh: om Candra (omCan)
Sumber baca sana sini: comprehension skills book, http://id.wikipedia.org/wiki/, http://www.psikologizone.com/, http://www.mc.uky.edu/coa/faculty/.



belajar pendidikan, blog pengetahuan, kelas pengetahuan, knowledge blog, sekolah dasar dan menengah, KIDS GEt kNowledge, blogger, blogspot




Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)