Rabu, Desember 29, 2010

Gangguan Laser Malaysia dan Dampaknya pada TimNas Indonesia

Gangguan Laser Malaysia dan Dampaknya pada TimNas Indonesia

Laser (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) adalah pembangkit cahaya produk sains dan teknologi modern, yang dapat menghasilkan cahaya yang berkekuatan tinggi, memiliki pancaran tunggal, dan hanya mempunyai satu warna. Laser merupakan mekanisme suatu alat yang memancarkan radiasi elektromagnetik. Radiasi elektromagnetik adalah kombinasi medan listrik dan medan magnet yang merambat lewat ruang dan membawa energi dari satu tempat ke tempat yang lain. Selain itu, laser dibagi menjadi dua jenis, laser dingin dan panas. Sinar laser memiliki jangkauan hingga 1-2 km. Berbeda dengan sinar biasa, sinar laser ini akan terus benderang di jarak 1-2 km.


Gangguan atau serangan ke timnas Indonesia pada pertandingan laga final leg 1 Piala AFF 2010 merupakan laser dingin yang berwarna hijau. Meski tak membahayakan, menurut Dokter Spesialis Mata dan yang juga dokter kepresidenan, Raman Ramayana Saman laser mengganggu konsentrasi. Bambang Widyatmoko, Kepala Puslit Fisika LIPI menambahkan, bahwa intensitas sinar laser warna hijau lebih tinggi daripada laser merah. Sinar laser hijau yang berasal dari alat pointer memiliki diameter kecil, sehingga menyilaukan mata. "Diameter berkasan sorotan sinar laser akan membesar pada jarak lebih dari 100 meter. Dan itu sangat menyilaukan mata," terang Bambang. Laser itu mengganggu daya adaptasi mata, dan berdampak penglihatan akan kabur untuk sementara. Kemudian, mata butuh waktu untuk beradaptasi lagi. Selain itu, sinar laser bisa membuat pemain menjadi marah, dan akhirnya membuat mood para pemain menjadi kacau.

Melihat besarnya sinar laser yang tercipta, alat yang digunakan untuk menghasilkan sinar laser itu tidak kecil. Menurut Dokter Spesialis Mata Marsekal Pertama TNI Purnawirawan Raman Ramayana Saman alat yang digunakan sangat besar. Selain itu, alat itu juga membutuhkan listrik serta terdapat kabel. “Jika polisi Malaysia tak mendeteksi, hal itu keterlaluan. Itu permainan, disabotase dengan sengaja,” tandasnya.


Diketik dan disusun oleh: omCan
Sumber baca: http://teknologi.inilah.com/, http://id.wikipedia.org/wiki/, http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/

belajar pendidikan, blog pengetahuan, kelas pengetahuan, knowledge blog, sekolah dasar dan menengah, KIDS GEt kNowledge, blogger, blogspot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)