Minggu, Juni 13, 2010

Jenis-jenis Sumber Daya Alam dan Manfaatnya

Pengertian sumber daya alam... sumber daya alam adalah... apa itu SDA (sumber daya alam)?... jenis SDA... macam sumber daya alam... ada 2 (dua) jenis atau 3 (tiga) jenis SDA... manfaat sumber daya alam... kegunaan sumber daya alam...

Pada saat saya memandu siswa mengerjakan latihan soal siswa dari sebuah buku, ada sebuah pertanyaan tentang jenis sumber daya alam (SDA). Ada yang mengatakan dibagi menjadi 2 jenis SDA, ada pula yang membaginya menjadi 3 jenis. Oleh karena itu, saya ingin memberikan sedikit catatan kecil buat kalian (siswa-siswi) tentang apa itu SDA dan apa saja jenis SDA itu, beserta penjelasan manfaat dari setiap jenis SDA tersebut.

Sumber Daya Alam adalah segala yang ada di alam yang dipergunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ada 3 kata kunci di sana, yakni:
  1. segala yang ada di alam
  2. dipergunakan manusia
  3. untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia


Jenis sumber daya alam, pembagiannya bisa bermacam-macam, antara lain:



  1. Ada yang membagi SDA menjadi: SDA hayati (biotik/hidup) dan SDA non hayati (abiotik/tak hidup).

    a. SDA hayati = SDA yang berasal dari makhluk hidup. contoh: perikanan, perkebunan, pertanian, peternakan.

    b. SDA non-hayati = SDA yang berasal dari makhluk tak hidup. contoh: barang tambang, bahan galian, air, tanah.
  2. Ada yang membagi SDA menjadi: SDA yang dapat diperbaharui dan SDA yang tidak dapat diperbaharui.

    a. SDA yang dapat diperbaharui = SDA yang dapat digunakan secara terus menerus dan tidak habis, misal: air, tanah, udara, tumbuhan, dan hewan.

    b. SDA yang tidak dapat diperbaharui = SDA yang jika digunakan terus-menerus akan bisa habis, karena jumlahnya yang terbatas di bumi, misal: barang tambang dan bahan galian. Barang tambang, contoh: minyak bumi, gas alam, batu bara. Bahan galian, contoh: emas, timah, besi, perak, dan lain-lain.
  3. Ada yang membagi SDA menjadi 3 jenis, yakni:

    a. hasil tambang: minyak bumi, batu bara, tembaga, perak, emas, yodium, marmer

    b. hasil pertanian dan perkebunan: padi, jagung, karet, kapas, tembakau, kopi

    c. hasil peternakan dan perikanan: sapi, kerbau, kambing, unggas, ikan


Contoh-contoh Manfaat SDA

  1. Air
    Manfaat air bersih: untuk mandi, mencuci, minum, dan lain sebagainya. Tidak ada air bersih, gimana tuh rasanya??? pasti pusing (pengalaman pribadi saya sendiri saat pipa air PDAM rumah bermasalah)
  2. Manfaat Tumbuhan

    a. bahan makanan, misal: padi, jagung, gandum, tebu

    b. bahan bangunan, misal: kayu jati, kayu mahoni

    c. bahan obat: jahe, daun binahong, mahkota dewa, kina.

    d. bahan dekorasi: pohon pisang, daun kelapa muda (janur), melati, mawar, sedap malam

    e. pupuk kompos

    f. bahan bakar (bio solar): buah kelapa, kelapa sawit

    g. bahan bakar pengganti bensin: buah belimbing (setelah melalui proses penyulingan)
  3. Manfaat Hewan

    a. dimanfaatkan tenaganya: kuda, keledai, anjing, sapi, kerbau, gajah, unta

    b. dimanfaatkan dagingnya: sapi, ayam, kambing

    c. dimanfaatkan susunya: sapi perah, kuda, kambing

    d. dimanfaatkan telurnya: ayam, burung puyuh, bebek, angsa

    e. dimanfaatkan hiburan/piaraan: kucing, anjing, kelinci, hamster
  4. Manfaat Minyak bumi: untuk membuat aspal, oli, lilin, vaselin (bahan obat), bensin, solar, minyak tanah, plastik, bahan bakar kompor gas.
  5. Manfaat batubara: untuk bahan bakar industri dan rumah tangga
  6. Emas, perak, permata untuk barang perhiasan
  7. Aluminium sebagai bahan pembuatan badan pesawat, atau untuk peralatan rumah tangga.


ditulis oleh: omCan





Artikel Terkait :



12 komentar:

  1. mkasih infonya..... kebetulan saya dapat tugas karya tulis tentang sumber daya alam.....

    BalasHapus
  2. sama-sama. senang bisa membantu :)

    BalasHapus
  3. manfaat apa aja ya yang bisa di buat/diciptakan darii pohonnn,daun,dan getahnya,dg hasil yg belum pernah terciptakan,,karna tempat saya masih banyak perhutanan saya ingin mem manfaatkannya

    BalasHapus
  4. thx infonya gan, kebetulan saya juga dpt tugas bikin makalah tentang Sumber Daya Alam,

    ijin copas gan,

    salam by blogger newbie :-)

    BalasHapus
  5. sumber daya apa aja yang ada di laut & berasal dari negara manakah sumber daya alam laut tersebut.???
    untuk perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
    wassalam.

    BalasHapus
  6. maaf kalo 4 nilai pentong SDA apa yah ?? saya ada tugas

    BalasHapus
  7. ini gimana copasnya, mousenye gak ganti2
    malah gambar lebah, gk bisa copasbuat tugas....

    >:(

    BalasHapus
  8. bisa langsung diprint :)
    ukuran blog ini sdh sesuai dengan kertas ukuran 21,5 cm x 33 cm, dengan margin 1,1,1,1.

    BalasHapus
  9. wah gan/mbak/mbro/sista/bu/pak/om/tante makasih infonya kebetulan ikut LPIR ijin nyonto

    BalasHapus

Beri komentar atau masukan ya :)