Selasa, Agustus 04, 2020

Makna Pancasila dan Contoh Sikapnya

Dalam video pembelajaran kali ini, saya membahas tentang sikap-sikap yang mencerminkan atau sesuai dengan nilai-nilai kelima sila dari Pancasila. Mengapa kita perlu mempelajari ini, karena sebagai warga negara Indonesia, kita berhak mengetahui dan wajib melakukan sikap-sikap yang sesuai dengan dasar negara kita, yaitu Pancasila.

Kita patut bangga bahwa dasar negara kita ini pernah dijelaskan di Amerika Serikat pada tahun 1956 dan mendapatkan sambutan meriah dari semua orang yang hadir saat itu. Sehingga jika warga negara lain saja bangga dengan dasar negara kita, maka kita sebagai warga negara Indonesia selayaknya lebih bangga lagi dan menerapkan nilai-nilai Pancasila tersebut dalam sikap dan perilaku kita sehari-hari.

Kita ini adalah bangsa yang religius, sangat senang membantu sesama yang membutuhkan pertolongan, kaya dengan suku bangsa dan agama namun tetap bersatu. Sangat jarang ada sebuah negara yang begitu majemuk seperti ini tapi tetap bersatu. Bangsa kita juga bangsa yang gemar berdiskusi atau bermusyawarah terhadap masalah-masalah yang menyangkut kepentingan banyak orang. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia juga menjadi pondasi negara ini.

Oleh karena itu, sepatutnya kita berusaha mewujudkan nilai-nilai Pancasila.

Klik link video pembelajaran kami ini https://youtu.be/I-uc_Hc5kVM
Semoga video tersebut bermanfaat. Aamiin ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)