Rabu, Agustus 12, 2020

Arti Menjaga Persatuan dan Kesatuan dalam Keluarga

 

Persatuan dan kesatuan merupakan kosakata yang menggambarkan keberagaman suku bangsa di Indonesia. Persatuan dan kesatuan berasal dari kata "satu" atau utuh. Sehingga mengandung arti kebersatuan dari perbedaan menjadi satu hal yang utuh.


Bagaimana di keluarga? Apakah persatuan dan kesatuan dibutuhkan? Ya. Ini karena di dalam keluarga terdapat perbedaan status, antara lain ayah, ibu, anak. Sehingga persatuan juga perlu diwujudkan, satu sama lain harus bekerjasama dan menjaga rasa persatuan itu tetap ada, harus ada pembagian tugas, tidak boleh dibebankan seluruh tanggungjawab hanya pada satu orang. Jika semua orang dalam rumah tersebut bisa bekerjasama maka pekerjaan akan menjadi lebih ringan dan lebih cepat selesai.


Tapi tidak semua keluarga mampu mewujudkan persatuan dan kesatuan tersebut. Apa penyebabnya? pertama, melakukan kegiatan di rumah dengan terpaksa. Kedua, pertengkaran antar anak atau orangtua dan anak. Ketiga, tidak adanya sikap saling menghormati antar anggota keluarga. Keempat, sikap tertutup bisa menghambat persatuan dan kesatuan dalam keluarga terwujud.


Perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan antara lain setiap anggota keluarga memahami tugasnya masing-masing, ikhlas menjalankan kewajibannya masing-masing berdasarkan kesepakatan yang telah dibuat. Perilaku lainnya adalah saling menghormati antar anggota keluarga, saling mengingatkan dengan cara yang baik. Bersikap terbuka terhadap keluarga atas masalah yang dihadapi, tidak memendamnya sehingga terhindar dari kesalahpahaman antar anggota keluarga. Bersikap terbuka mampu mewujudkan persatuan dan kesatuan di keluarga.


Begitulah sekilas isi dari video pembelajaran tentang persatuan dan keastuan dalam keluarga. Semoga bermanfaat. Aamiin ^_^


Jika video ini memang bermanfaat, maka silakan share link video ini

https://youtu.be/-LhJiywA-IE  sehingga sedikit pengetahuan saya ini bisa bermanfaat untuk banyak orang. Terimakasih


Beri kami komentar agar bisa mendapatkan ide membuat video-video menarik lainnya yang sesuai kebutuhan Anda.


Jika video ini bermanfaat, silakan share. Bantu klik dan subscribe di YouTube channel OM CANDRA TV ya, agar kami tetap semangat membuat konten-konten media pembelajaran menarik lainnya.


Terimakasih 😍


------------------------

Didukung oleh:

Website Rumah Belajar Spesialis https://bit.ly/GoGuruLes

Admin Rumah Belajar Spesialis https://bit.ly/inforbs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)