Minggu, Juli 26, 2020

Jadwal Tugas dengan Batas Waktu Pengumpulan

Di kesempatan ini, saya masih ingin melanjutkan pembahasan tentang pemanfaatan Google Classroom untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau untuk kelas-kelas online lainnya. Fokus latihan di kesempatan kali ini adalah bagaimana membuat jadwal tugas dengan batas waktu pengumpulan yang sudah ditentukan oleh guru, dan bagaimana menyediakan tempat mengumpulkan hasil kerja tugas para peserta didik.

Hal tersebut sangat dibutuhkan kita sebagai guru atau tenaga pendidik agar siswa dapat mengerjakan tugas dengan start mengerjakan di waktu yang sama dan batas waktu pengumpulan yang terukur pula. Keuntungan yang lain adalah anak-anak tidak lupa mengenai batas waktu pengumpulannya karena bisa melihat kembali classroomnya dan membaca informasi tenggat waktu atau deadline pengumpulan tugas.

Pada pembuatan tugas kita dapat menggunakan fasilitas google form yang sudah tersedia di google classroom. Keuntungan menggunakan google form di google classroom adalah kita tidak perlu lagi menyimpan banyak link form yang dibagikan kepada anak-anak, karena link form tersebut sudah disimpan otomatis di google classroom. Lain halnya jika kita membuat form dengan masuk melalui forms.google.com, link yang dihasilkan dari situ harus kita simpan satu per satu. Tentu merepotkan.

Keuntungan lain dari penggunaan google form adalah saat kita membuat formulir kita tidak perlu takut jika seandainya tiba-tiba sinyal terputus, karena form kita sudah tersimpan secara otomatis di google drive kita setiap kita melakukan perubahan satu karakter sekalipun. Keuntungan lainnya juga adalah seluruh hasil pengerjaan anak-anak sudah tersimpan otomatis di google drive kita masing-masing. 

Cukup menarik ya khan? silakan mencoba memanfaatkan google classroom di kelas online Anda. Silakan klik video tutorial kami berikut ini https://youtu.be/5xvk6lN40ds

Semoga bermanfaat. Aamiin ^_^


------------------------
Didukung oleh:
Website Rumah Belajar Spesialis https://bit.ly/GoGuruLes
Admin Rumah Belajar Spesialis https://bit.ly/inforbs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)