Sabtu, Maret 12, 2011

TEMPE, MURAH DAN BERZAT GIZI TINGGI

TEMPE, MURAH DAN BERZAT GIZI TINGGI

TEMPE memiliki kandungan protein 10 kali lipat dibandingkan DAGING SAPI dalam tiap 100 gram-nya. Keunggulan lainnya adalah pada daging sapi terdapat KOLESTEROL, sedangkan tempe bersifat NON-KOLESTEROL, sehingga lebih aman bagi tubuh, terutama bagi jantung kita.

TETAPI, jika kita langsung mengonsumsi kedelai saja, belum difermentasi sehingga menjadi tempe, maka kandungan vitamin B12 yang didapat hanya sedikit. Zat gizi yang terdapat pada tempe adalah anti oksidan, vitamin (A,B,D,E,K), dan mineral (besi, kalsium, magnesium, fosfor, dan zink).

Kandungan vitamin B12 tempe adalah 33 kali daripada yg ada di kedelai.
Dan, dibandingkan kedelai, zat gizi tempe (semisal vitamin, mineral , dan anti oksidan) lebih mudah dicerna, diserap, dan dimanfaatkan tubuh. Tempe berpotensi untuk digunakan melawan radikal bebas, sehingga dapat menghambat proses penuaan dan mencegah terjadinya penyakit jantung koroner, diabetes melitus, dan kanker. Selain itu tempe juga mengandung zat anti bakteri penyebab diare, penurun kolesterol darah, pencegah penyakit jantung, dan hipertensi (tekanan darah tinggi).

Keunggulan lainnya adalah jumlah zat gizi pada tempe tetap banyak, meskipun dimasak atau digoreng, tapi dengan catatan menggunakan minyak goreng yang baru.

Jadi, ternyata makanan sehat itu tidak harus mahal yah...sepertinya ada baiknya jika TEMPE diusahakan jadi menu makanan tiap hari nih...^^


Diketik oleh: omCan
Sumber baca sana sini: http://id.wikipedia.org/wiki, sumber-sumber informasi lainnya.


belajar pendidikan, blog pengetahuan, kelas pengetahuan, knowledge blog, sekolah dasar dan menengah, KIDS GEt kNowledge, blogger, blogspot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)