Senin, Juli 05, 2010

8 hal yang dilupakan para korban kasus tabung gas elpiji meledak

tabung gas elpiji agar tidak meledak ... penyebab ... 8 hal yang harus diingat oleh pemakai tabung gas elpiji ... Kasus tabung gas elpiji meledak ... kesalahan pemakai tabung gas elpiji ...

Sudah berulang kali saya melihat di beberapa stasiun televisi yang menayangkan berita tentang meledaknya tabung gas elpiji. Kejadian ini selalu menyebabkan kerugian yang cukup besar bagi korban, bahkan tak jarang banyak nyawa yang hilang karena kasus-kasus ini.

Rata-rata tabung elpiji yang meledak adalah tabung gas elpiji 3 Kg, yah.. meskipun ada pula yang meledak adalah tabung yang besar, tapi saya jarang mendengarnya.. he3, mungkin karena pas ada beritanya, saya lagi ke kamar mandi atau tertidur :D ...

Kasus-kasus meledaknya tabung gas elpiji, memang bisa terjadi akibat kurangnya sosialisasi dari humas pertamina atau pejabat setempat yang terkait tentang bagaimana pemakaian tabung gas elpiji dengan tepat kepada semua warga. Tapi jika kita hanya menyalahkan orang lain, wah ... gimana yah... lebih baik kita belajar dari kasus-kasus yang pernah terjadi dan meningkatkan kewaspadaan kita sendiri.

Baiklah..menurut saya, kebanyakan kasus-kasus itu terjadi di daerah pemukiman yang padat, atau di rumah-rumah yang kurang baik saluran udaranya, atau penempatan tabung gas di tempat yang tertutup atau kurang lancar saluran udaranya. Sering juga rasa panik para korban yang malah membuat mereka tidak harus berbuat apa. Sifat kurang waspadanya para korban terhadap bau kebocoran gas elpiji. Tapi ada juga yang memang dari tindakan sengaja seseorang, seperti kasus di Redboxx Surabaya. Yang terakhir ini tidak kita bahas, karena ini berkaitan dengan faktor eksternal.

Sehingga dari beberapa kasus tersebut dapat kita buat kesimpulan, yakni:


8 hal yang harus diingat oleh pemakai tabung gas elpiji
  1. Kenali bau gas elpiji itu seperti apa. Semua anggota penghuni rumah harus tahu hal tersebut. Buka aja kompor gas sedikit tanpa menyalakannya dengan api, terus ajak semuanya membau :D.
  2. Menaruh tabung gas elpiji di tempat yang tepat di atas tabung gasnya ada sirkulasi udaranya. Jika rumah Anda berada di lokasi pemukiman padat, maka buatlah ventilasi di rumah Anda tepat di atas tabung gas elpiji atau kompor gas diletakkan.
  3. Jika tercium bau gas yang mencurigakan atau tak sedap, segera cek tabung gas Anda dengan cara mencium bau dari setiap sambungan yang ada mulai dari tabung gas elpiji sampai dengan kompor gas. Pastikan tidak tercium atau terasa adanya gas yang bocor. (dan berdoalah..semoga itu hanya bau kentut seseorang di samping Anda... atau Anda sendiri..he3)
  4. Jika memang bau gas elpiji sudah tercium, segera matikan listrik dan jangan menyalakan api sekecil apapun. Segera buka semua pintu dan jendela rumah. Atau agar lebih amannya lagi, keluarkan tabung gas tersebut dari rumah.
  5. Pergunakan kembali kompor gas jika benar-benar sudah dipastikan di dalam rumah tidak tercium bau gas elpiji. Ingat, bahwa gas elpiji mudah terbawa oleh aliran udara. Selama aliran udara lancar, kemungkinan besar aman.
  6. Jika sudah terlihat percikan api, langsung lepas knop tabung gas, dan bawa tabung gas keluar rumah. Ambil kain yang sudah dibasahi air dan tutupkan di atas api. Ini lebih efektif dan cepat dalam memadamkan api daripada disiram air secara langsung. Atau jika mampu, jauh-jauh hari, semenjak Anda punya dan memakai tabung gas elpiji, Anda bisa beli tabung pemadam kebakaran.
  7. Jika merasa kurang percaya diri dengan kualitas kewaspadaan Anda, maka tidak ada salahnya jika kita beli alat pendeteksi terjadinya kebocoran gas. Ada kok... Anda bisa cari alat tersebut di kota Anda masing-masing. Kalau soal harga, saya tidak tahu...he3.
  8. Jangan panik. Agar tidak panik, Anda buat perintah singkat yang Anda tulis di kertas lalu tempelkan di dapur, agar setiap orang yang mengetahui adanya kebakaran tidak panik dan tahu apa yang harus dilakukan terlebih dulu.


Semoga berguna :)


sekolah dasar kelas, belajar ipa sd, pendidikan ipa sd, sekolah dasar ilmu pengetahuan alam, belajar pendidikan lingkungan, kelas ilmu pengetahuan alam, science fact knowledge blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)