Selasa, Juli 06, 2010

Saraf Peraba dan Perasa pada Kulit (1)

Saraf Peraba dan Perasa pada Kulit manusia ... di mana letak saraf perasa panas, dingin, nyeri, dan sentuhan ...

"Aoww!!" ... mungkin seperti itulah yang akan kita teriakkan secara spontan saat lengan kita dicubit seseorang.
Manusia memiliki 5 macam indera, salah satunya adalah kulit. Kulit merupakan “Reseptor Luar (Eksteroseptor)”. Eksteroseptor adalah reseptor yang mampu menerima rangsangan dari luar. Sedangkan yang merupakan interoseptor adalah indra perasa yang dapat merasakan haus, lapar, dan lelah. Tentang interoseptor tidak akan kita bahas di sini.

Lapisan kulit manusia terdiri atas dua lapisan, antara lain:

  1. Lapisan Epidermis (Kutikula). Lapisan Epidermis adalah lapisan terluar dari kulit, yang memiliki struktur tipis dengan ketebalan sekitar 0,07 mm. Di sini adalah tempat diproduksinya pigmen warna kulit.
  2. Lapisan Dermis. Lapisan Dermis adalah jaringan yang lebih tebal daripada epidermis yaitu kurang lebih 2,5 mm. Lapisan dermis terletak di bawah lapisan epidermis. Pada lapisan dermis terdapat puting peraba yang merupakan ujung (akhir) dari saraf sensoris.


Kulit merupakan indera peraba dan indera perasa yang mampu merasakan rangsangan berupa sentuhan, rabaan, dan tekanan. Kulit juga berfungsi untuk melindungi tubuh, pengatur suhu tubuh, dan untuk mengeluarkan keringat dan minyak. Penyebaran ujung-ujung saraf peraba tidak merata di seluruh permukaan kulit. Kedalaman letaknya di kulit juga tidak sama.


Bagian tubuh manusia yang paling banyak mengandung saraf peraba adalah di bagian ujung jari tangan, ujung jari kaki, telapak tangan, dan telapak kaki. Inilah yang menyebabkan kita bisa merasakan halus dan kasar permukaan benda. Sel-sel saraf peraba juga terdapat pada pangkal rambut. Jika ada sebuah rangsangan sentuhan mengenai ujung rambut, maka sel-sel saraf akan langsung dapat merasakannya.
(bersambung... klik di sini untuk ke “Saraf Peraba dan Perasa pada Kulit” halaman 2)

pendidikan ipa sd, sekolah dasar ilmu pengetahuan alam, belajar pendidikan lingkungan, kelas ilmu pengetahuan alam, science fact knowledge blog, sekolah dasar kelas, belajar ipa sd




Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)