Selasa, Juni 29, 2010

Penyebab Bunga Matahari Bergerak Mengikuti Matahari

mengapa bunga matahari mengikuti sinar atau cahaya matahari?... penyebab bunga matahari mengikuti matahari... Contoh fototropisme... Apa itu zat Auksin?...

Postingan kali ini saya ingin menjelaskan tentang penyebab Bunga Matahari bergerak mengikuti matahari.
Tapi sebelumnya saya ingin menuliskan sebuah puisi yang sedikit menggambarkan tentang gerakan Bunga Matahari.




Bunga Matahari
Bunga Matahari, bungamu selalu setia mengikuti matahari
Saat pagi, bungamu menghadap ke timur
Saat sore, bungamu menghadap ke barat
Sengaja kupindahkan potmu untuk sekedar tahu,
Ternyata bungamu kembali lagi menghadap matahari
Bunga Matahari, dirimu adalah contoh
Bahwa tumbuhan itu juga makhluk hidup
Semua makhluk hidup bergerak
Engkau pun juga dapat bergerak



Puisinya kurang bagus yah...ha..ha..ha...
Nah berikut ini akan saya jelaskan mengapa Bunga Matahari bisa bergerak mengikuti pergerakan matahari dari timur hingga ke barat.

Gerak Bunga Matahari yang mengikuti pergerakan matahari disebut sebagai gerakan Fototropisme. Fototropisme adalah gerak sebagian tubuh tumbuhan karena pengaruh sinar matahari. Gerak Bunga Matahari mengikuti matahari ini sebenarnya mirip dengan gerak tumbuhan kecambah saat mereka tumbuh dan mencari sinar matahari, arah pertumbuhan batangnya mengikuti sinar matahari. Mengapa Bunga Matahari bisa bergerak mengikuti sinar matahari? Hal ini berkaitan dengan zat Auksin yang berfungsi untuk memperbesar dan memperpanjang pertumbuhan sel.  

Auksin merupakan zat hormon tumbuhan yang terdapat di bagian ujung batang dan akar. Auksin berperan penting dalam pertumbuhan tumbuhan. Sifat zat Auksin adalah mudah rusak saat terkena sinar matahari. Inilah yang menyebabkan zat auksin yang ada di sisi batang yang terkena sinar matahari jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan yang membelakangi sinar matahari, otomatis sisi batang yang tidak terkena matahari akan bergerak melengkung dan memanjang mengarah ke datangnya sinar matahari. Untuk mudah membayangkannya saya buatkan gambar ini, coba perhatikan:



Pertumbuhan sisi batang yang terkena sinar matahari bergerak lebih lambat, karena itu akhirnya tangkai bunga tersebut membelok mengikuti matahari. Jadi sebenarnya yang terjadi bukanlah bagian bunganya yang bergerak tetapi bagian tangkai bunganya yang bergerak.









Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)