Jumat, September 18, 2020

Pertanyaan Materi Perbandingan Kelas 6 yang Sering Muncul


Setelah beberapa tahun mengajar siswa sekolah dasar, saya sering kali menemui macam-macam soal perbandingan, dan kesimpulan saya, variasi soalnya tidak jauh-jauh dari lima macam model pertanyaan yang disampaikan di video ini. Oleh karena itu, semoga video yang berjudul "Pertanyaan Materi Perbandingan Kelas 6 yang Sering Muncul" ini bisa membantu untuk memudahkan para peserta didik sekolah dasar memahami macam-macam model pertanyaannya dan bagaimana mengerjakannya. Semoga video ini bisa juga menjawab pertanyaan salah satu wali murid anggota kelompok belajar saya yang rada pusing mengajarkan kepada anaknya tentang perbandingan di sekolah dasar.


Klik link berikut ini untuk menonton video kami tersebut

Selasa, September 15, 2020

Cara Menjelaskan Hasil Taksiran


Video ini adalah kelanjutan pembahasan tentang pembulatan bilangan cacah yang ada di video sebelumnya. Pada video pembelajaran kali ini saya sekaligus ingin membahas perbedaan antara operasi hitung biasa dan penaksiran hasil operasi hitung. Perbedaan hasil jelas tampak ketika kita menghitung menggunakan cara operasi hitung biasa dibandingkan menaksir hasil operasi hitung tersebut. Sehingga, bagi kalian yang belum paham bagaimana cara menaksir, perlu menyimak video yang berjudul "cara menjelaskan hasil taksiran" ini dengan baik. Tapi jika materi pembulatan juga belum dikuasai, agaknya harus melihat dulu materi pembulatan tersebut. Untuk materi pembulatan bisa klik di sini https://youtu.be/lvjHUSVRy5c


Nah bagi kalian yang sudah siap dengan pembahasan penaksiran, yuk kita simak video berikut ini, klik https://youtu.be/gwIihOPErCE untuk menonton.


Semoga bermanfaat. Aamiin ^_^


Jika video ini bermanfaat, maka klik like dan share agar sedikit pengetahuan ini bisa bermanfaat buat banyak orang.


Terimakasih 😍


------------------------

Didukung oleh:


Nichan collection

http://bit.ly/nichanONwhatsapp

https://bit.ly/nichanONshopee


Website Rumah Belajar Spesialis https://bit.ly/GoGuruLes

Admin Rumah Belajar Spesialis https://bit.ly/inforbs

Minggu, September 13, 2020

Penjelasan Paling Gampang Membulatkan Bilangan


Pembahasan kali ini tentang pembulatan bilangan cacah. Pembulatan erat kaitannya penaksiran. Sehingga konsep pembulatan harus dikuasai agar lebih mudah dalam melakukan penaksiran. Oleh karena itu saya usahakan untuk menyampaikan cara membulatkan bilangan dengan penjelasan yang paling gampang dipahami, InsyaAllaah. Oh iya, pembulatan dan penaksiran itu agak mirip ya, tapi ada bedanya lho. Kalau pembuatan lebih kepada pembulatan bilangannya saja, sedangkan kalau penaksiran adalah operasi hitung yang melibatkan pembulatan terlebih dulu baru kemudian menentukan hasil. Jadi di dalam penaksiran ada pembulatan. Penjelasan lebih lengkap tentang masalah penaksiran di video berikutnya saja ya.


Dalam melakukan pembulatan, peserta didik harus menguasai terlebih dulu pemahaman tentang NILAI TEMPAT, misal ratusan, puluhan, satuan, persepuluhan, perseratusan, perseribuan. Pembulatan yang digunakan umumnya adalah pembulatan bilangan desimal ke satuan terdekat. Namun dalam pelajaran Matematika, peserta didik juga diharapkan dapat melakukan pembulatan ke puluhan terdekat, ke ratusan terdekat, atau ke ribuan terdekat.


Pada dasarnya aturan pembulatan baik ke puluhan terdekat, ke ratusan terdekat, maupun ke ribuan terdekat, semuanya menggunakan aturan yang sama yaitu 0-4 tidak dapat menambah +1 angka di depannya, sedangkan 5-9 dapat menambah +1 angka di depannya. Saya menyebut aturan pembulatan ini sebagai aturan ACUAN Nilai Tempat. Maksud depan dan belakang itu berdasarkan acuan yang ditentukan soal, yaitu berdasarkan ke nilai tempat puluhan, ratusan, atau ke ribuan. Untuk lebih jelasnya klik link video berikut ini