DR. Dr. Y. Handojo, MPH menjelaskan dalam bukunya yang berjudul “Petunjuk Praktis dan Pedoman Materi untuk Mengajar Anak Normal, Autis, dan Perilaku Lain” tentang pentingnya orangtua mengetahui dan memahami perilaku anak normal. Pertama, berguna untuk mendeteksi secara dini bila anak terjadi penyimpangan perkembangan perilaku bila dibandingkan dengan anak normal. Kedua, agar orangtua bisa mengetahui sejauh mana keterlambatan perkembangan perilaku anak-anak, serta seberapa jauh target yang harus dikejar.
Perilaku adalah semua tindakan atau tingkah laku seorang individu, baik kecil maupun besar, yang dapat dilihat, didengar dan dirasakan (oleh indera perasa kulit, dan bukan yang dirasakan di hati) oleh orang lain atau diri sendiri. Jadi perilaku meliputi bicara atau suara, gerakan-gerakan atau aksi-aksi baik berupa gerakan yang beraturan maupun tidak beraturan, tertuju maupun tidak tertuju, sengaja maupun tidak sengaja, berguna maupun tidak berguna.
Semua perilaku individu pasti didahului penyebab, baik eksternal maupun internal. Penyebab eksternal dapat diperoleh dari individu lain ataupun lingkungan sekitarnya. Penyebab internal dapat berasal dari sikap dan emosi yang didasari oleh watak dan kepribadian seseorang. Setiap perilaku juga akan menghasilkan akibat, baik yang menyenangkan maupun tidak, baik bagi individu itu sendiri, orang lain atau lingkungan.
Pada artikel ini, perkembangan perilaku anak normal hanya dipaparkan dalam bentuk ringkasan berupa daftar perkembangan, namun sudah cukup untuk dipakai sebagai pedoman penilaian dan perbandingan. Berikut daftar perkembangan anak normal dari usia lahir sampai 6 tahun:
Perilaku adalah semua tindakan atau tingkah laku seorang individu, baik kecil maupun besar, yang dapat dilihat, didengar dan dirasakan (oleh indera perasa kulit, dan bukan yang dirasakan di hati) oleh orang lain atau diri sendiri. Jadi perilaku meliputi bicara atau suara, gerakan-gerakan atau aksi-aksi baik berupa gerakan yang beraturan maupun tidak beraturan, tertuju maupun tidak tertuju, sengaja maupun tidak sengaja, berguna maupun tidak berguna.
Semua perilaku individu pasti didahului penyebab, baik eksternal maupun internal. Penyebab eksternal dapat diperoleh dari individu lain ataupun lingkungan sekitarnya. Penyebab internal dapat berasal dari sikap dan emosi yang didasari oleh watak dan kepribadian seseorang. Setiap perilaku juga akan menghasilkan akibat, baik yang menyenangkan maupun tidak, baik bagi individu itu sendiri, orang lain atau lingkungan.
Pada artikel ini, perkembangan perilaku anak normal hanya dipaparkan dalam bentuk ringkasan berupa daftar perkembangan, namun sudah cukup untuk dipakai sebagai pedoman penilaian dan perbandingan. Berikut daftar perkembangan anak normal dari usia lahir sampai 6 tahun: