Kamis, Juni 28, 2018

Kecerdasan Warisan IBU, apa peran AYAH?

Mitokondria, adalah salah satu bagian sel yang berperan penting untuk membentuk kecerdasan anak. Mitokondria dari sel sperma ayah ada pada bagian ekornya, yang kemudian dilepas dan dibuang saat membuahi sel telur dalam rahim ibu. Sedangkan mitokondria dari sel telur ibu tetap utuh. Sehingga, secara genetik, kecerdasan anak merupakan dominan warisan IBU.

Genetika IBU yang diturunkan ke anak dan kondisi ibu saat mengandung, pengaruhnya sebanyak 75% terhadap kecerdasan anak. Sedangkan 25% tergantung pola asuhan Ayah Bunda (keluarga) dan lingkungan pergaulan. Genetik ayah yang dibawa sperma menentukan jenis kelamin anak.

Subhanallah, itulah mengapa Allah mengibaratkan IBU adalah tempat bercocok tanam, dan AYAH sebagai petaninya, sedangkan ANAK diibaratkan benih yang sedang ditanam dan dirawat hingga menjadi tumbuhan yang bermanfaat.

Al-Baqarah ayat 223: "Isteri-isterimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok tanam, maka datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki. Dan kerjakanlah (amal yang baik) untuk dirimu, dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu kelak akan menemui-Nya. Dan berilah kabar gembira orang-orang yang beriman."

Tumbuhan tidak akan tumbuh sehat meski tumbuh di tanah yang subur, jika petani jarang menyiraminya dan menjaga kesuburan tanah. Tumbuhan juga akan tumbuh dengan baik, jika petani mampu mengatasi hama yang mengganggu dan mengondisikan tanaman pada lingkungan yang cukup sinar.

Itulah mengapa, dari perumpamaan tersebut, PERAN AYAH sangat penting dalam memberi nafkah lahir dan batin, mental dan spiritual, aqidah, dan kemampuan hidup/survive setiap anaknya, melengkapi kecerdasannya. Sehingga tak pantaslah istilah "pasrah bongkokan" bahwa pendidikan anak hanya diserahkan ke istri, sedangkan ayah hanya seperti mesin ATM, karena ini menyalahi petunjuk Allah.

Dan bagi setiap ANAK, haruslah menghormati kedua orangtuanya, terutama ibunya. Sebagaimana Rasulullah menyampaikan siapakah yang harus kamu hormati yaitu ibumu ibumu ibumu (75%) kemudian ayahmu (25%). Prosentase besar dan kecil, semuanya menentukan kecerdasan anak.

Dan bagaimana peran seorang IBU, jadilah ibu-ibu yang terdidik dengan baik, menjaga asupan gizi, menjaga kesehatan selama kehamilan, dan berperan aktif pula dalam pola asuh anak.

Sumber:
http://www.morinagaplatinum.com/article?slug=tingkat-kecerdasan-anak-adalah-warisan-dari-ibu
http://www.rul-sq.info/2013/10/istri-sebagai-kebun-suami-adalah-petani.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)