Senin, Agustus 22, 2011

Alasan Nyamuk Senang Hitam

Tahukah Anda mengapa nyamuk suka terbang di atas benda yang berwarna hitam atau gelap?

Sebenarnya nyamuk tidak bisa melihat dengan baik, sehingga nyamuk suka terbang di atas benda yang berwarna hitam, bukan karena dia tidak suka benda yang berwarna pink, kuning, atau yang selainnya, tetapi ini ada hubungannya dengan sifat warna hitam, dan sensor panas milik nyamuk.

Warna hitam lebih menyerap panas
Pada warna hitam, semua spektrum cahaya diserap, oleh karena itu energi radiasi yang diterima pada warna hitam menjadi semakin besar seiring bertambahnya spektrum cahaya yang diserap. Sebaliknya, pada warna putih semua spectrum cahaya dipantulkan sehingga efek yang dirasakan lebih sejuk. Tentunya bukan warna hitam saja yang dapat menyerap semua spectrum cahaya , tetapi semua warna gelap contohnya merah, tetapi penyerap panas yang terbaik adalah warna hitam.

Kesimpulan dari efek yang dihasilkan cahaya yaitu, bila cahaya bertemu dengan warna yang terang (misal putih) maka cahaya tersebut akan dipantulkan, kemudian bila cahaya bertemu dengan warna gelap (mis. Hitam) maka cahaya akan diserap. Oleh karena itu, beberapa orang menggunakan cat putih pada genteng rumah atau pun kantor untuk menimbulkan efek sejuk pada lingkungan sekitarnya. Dengan dipantulkannya cahaya/sinar matahari, maka suhu di permukaan benda akan turun sehingga lingkungan sekitar tidak akan terasa terlalu panas bila sinar matahari sudah semakin terik. Contoh lainnya adalah suhu dalam mobil hitam akan terasa lebih cepat panas saat terkena sinar matahari di siang hari (tanpa AC).


Nyamuk
Nyamuk mempunyai reseptor panas yang sangat baik. Reseptor nyamuk ada di bagian bawah perutnya tersebut. Reseptor ini berfungsi sebagai sensor suhu dan kelembaban. Reseptor tersebut mampu membedakan panas yang dipancarkan oleh berbagai benda. Panas yang dipancarkan benda akan menarik nyamuk datang. Benda-benda gelap (terutama warna hitam) biasanya mudah menyerap panas, tetapi juga mudah memancarkan panas yang akan menarik nyamuk datang.

Nah, itulah penjelasan tentang mengapa nyamuk lebih suka rambut atau pakaian kita yang berwarna hitam atau gelap.




Diketik dan disusun oleh: Om Can
Sumber:
http://www.yohanessurya.com/
http://matahatidantelinga.blogspot.com/
http://id.wikipedia.org/wiki/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)