Sabtu, Juli 30, 2011

Apakah Ikan Minum Air

Apakah Ikan Minum Air?

Jawabannya bisa ya, bisa tidak, tergantung ikan tersebut jenis ikan air tawar atau ikan air laut. Ikan air tawar menyerap air melalui kulit dan insang, sehingga mereka tidak meminum air. Tetapi lain halnya dengan ikan laut yang harus meminum air. Mengapa?


Ini berhubungan dengan proses Osmosis, yaitu perpindahan air dari bagian yang lebih encer ke bagian yang lebih pekat melalui membran permeabel selektif (selaput yang dapat ditembus partikel tertentu). Kulit ikan memiliki sifat sebagaimana membran permeabel selektif.

Pada ikan laut, mereka harus minum air laut karena tubuh mereka memiliki konsentrasi garam lebih rendah dari air sekitarnya, artinya cairan dalam tubuh ikan laut lebih encer, sehingga terjadi peristiwa osmosis atau perpindahan air dari tubuh ikan ke lingkungannya yang kondisi airnya lebih pekat. Oleh karena itu, mereka harus minum air dalam jumlah besar setiap hari untuk menjaga tubuhnya agar tidak kekurangan cairan (dehidrasi).

Lain halnya dengan tubuh ikan air tawar yang memiliki konsentrasi garam lebih tinggi daripada air di sekitarnya, artinya cairan dalam tubuhnya bersifat lebih pekat. Sehingga sebagaimana proses osmosis, maka mereka menyerap air melalui kulit mereka yang bersifat sangat permeabel. Oleh karena itu, mereka tidak meminum air, dan untuk mencegah tubuh mereka “meledak” karena kelebihan air, maka ikan air tawar benar-benar harus mengeluarkan air dari dalam tubuhnya (maksudnya kencing) setiap hari hingga 10 kali berat badan mereka. Tentu saja kebiasaan ikan air tawar yang sering kencing tidak akan mungkin dilakukan ikan laut.


Disusun dan diketik oleh: OmCan
Sumber:
http://kamusbahasaindonesia.org/
http://id.wikipedia.org/wiki/
http://wiki.answers.com/





Artikel Terkait :



2 komentar:

  1. posting bagus .. sy jadi tahu. pertanyaan yg tidak bisa terjawab waktu anak2 masih kecil .. nice

    BalasHapus
  2. betul sekali, pak irvan... sy sendiri terilhami dari pertanyaan anak kecil. terimakasih komentarnya.

    BalasHapus

Beri komentar atau masukan ya :)