Jumat, Januari 28, 2011

Percaya Belalang Sembah Makan Tikus?

Percaya Belalang Sembah Makan Tikus?


Sebelumnya menjawab hal ini, saya ingin membahas sekilas apa itu Karnivora, Herbivora, dan Omnivora. Karnivora adalah jenis hewan yang memakan hewan lain. Karnivora yang memakan serangga sebagai makanan utamanya disebut Insektivora, sedangkan karnivora yang memakan ikan sebagai makanan utamanya disebut Piskivora. Sedangkan Herbivora adalah jenis hewan yang hanya makan tumbuhan dan tidak memakan daging. Dan Omnivora adalah jenis hewan yang sumber makanan pokoknya adalah tumbuhan dan hewan.

Belalang Sembah atau Belalang Sentadu memiliki banyak nama panggilan lainnya. Dalam bahasa Inggris, serangga ini biasa disebut Praying Mantis karena sikapnya yang seringkali kelihatan seperti sedang berdoa. Kata mantis berasal dari bahasa Yunani "Mantes" yang berarti "nabi" atau "peramal nasib". Banyak sebutan dalam bahasa lokal, seperti Congcorang (bahasa Sunda/bahasa Betawi), Walang Kadung/kèkèk (bahasa Jawa), dan Mentadak (bahasa Melayu).



Ciri-ciri yang dimiliki belalang sembah adalah memiliki 3 pasang kaki. Dua pasang kaki belakang digunakan untuk berjalan sedangkan sepasang kaki depan berguna untuk menangkap mangsa. Kaki depannya sangat kuat dan berukuran paling besar dengan sisi bagian dalamnya berduri tajam yang berguna untuk mencengkeram mangsanya.

Belalang Sembah Siap-siap Memangsa Tikus

Percaya Belalang Sembah Makan Tikus?
Tidak sedikit orang menjawab bahwa semua belalang adalah herbivora (pemakan tumbuhan), tapi tidak untuk si Belalang Sembah, karena hewan ini adalah karnivora (pemakan hewan lain), bahkan bukan hanya serangga lain yang dia makan, melainkan seekor tikus pun bisa menjadi mangsanya. Tidak percaya? putar rekaman video berikut ini,
atau [klik di sini untuk download koleksi video omCan ini].

video

Hal lain yang unik dari hewan ini adalah pertama, serangga ini mempunyai kebiasaan yang menyeramkan saat mereka melakukan proses pembuahan atau kawin, yakni belalang sembah betina segera memakan kepala belalang sembah jantan begitu mereka selesai kawin. Kedua, belalang sentadu atau belalang sembah adalah salah satu dari segelintir serangga yang dapat memutar kepalanya hingga 180 derajat.



Disusun dan diketik oleh: OmCan
Sumber baca sana sini: http://id.wikipedia.org/wiki/, http://anakx2.multiply.com/, http://web.ipb.ac.id/


belajar pendidikan, blog pengetahuan, kelas pengetahuan, knowledge blog, sekolah dasar dan menengah, KIDS GEt kNowledge, blogger, blogspot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)