Rabu, April 20, 2016

Download Masa Subur System Kalender

Postingan saya yang bertema Keluarga Berencana ini, semoga berguna bagi orangtua yang ingin merencanakan kehamilan atau menunda kehamilan. Dengan menghitung kapan masa subur menggunakan System Kalender, pasangan suami istri bisa merencanakan kehamilannya dengan lebih baik, insyaAllaah. Artikel ini merupakan sharing pengalaman kami selama hampir 3 tahun menggunakan system kalender. Alhamdulillaah, it's work ^_^.

Kelebihan kb alami system kalender antara lain:

  1. sangat ekonomis karena gratis
  2. lebih sehat karena tanpa efek samping
  3. tidak masalah dari sisi psikologis.

Kelemahannya:

  1. kontrol diri yang ketat dalam melakukan koitus sesuai perencanaan di kalender.
  2. butuh pengamatan siklus menstruasi yang dialami.

Sebelum posting artikel ini, saya juga sempat membaca juga tentang rencana Kementerian Pendidikan Nasional yang akan memasukkan materi Kependudukan dan Keluarga Berencana ke dalam kurikulum pendidikan mulai pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Masuknya materi itu dalam kurikulum diharapkan akan mengubah pola pikir dan meningkatkan kesadaran masyarakat sejak dini tentang pentingnya isu kependudukan.

Oke, sebelumnya apa itu KB system kalender? KB system kalender adalah metode kontrasepsi sederhana yang dilakukan oleh pasangan suami istri dengan tidak melakukan koitus pada masa subur sang istri. Kontrasepsi adalah metode yang digunakan untuk mencegah kehamilan.

Prinsip kerja metode kalender ini berpedoman kepada kenyataan bahwa wanita dalam siklus haidnya mengalami ovulasi (subur) hanya satu kali sebulan, dan biasanya terjadi beberapa hari sebelum atau sesudah hari ke-14 dari haid yang akan datang. Sel telur dapat hidup selama 6-24 jam, sedangkan sel sperma selama 48-72 jam, jadi pembuahan mungkin akan terjadi kalau koitus dilakukan 2 hari sebelum ovulasi.

Metode ini efektif bila dilakukan secara baik dan benar. Dengan penggunaan sistem kalender setiap pasangan suami istri dimungkinkan dapat merencanakan setiap kehamilannya. Sebelum menggunakan metode ini, tentunya pasangan suami istri harus mengetahui masa subur.

Bagi beberapa orang system kalender cukup merepotkan, karena harus menghitung, ketimbang menggunakan metode pil atau suntik yang lebih praktis. Tapi berdasarkan pengalaman kami, dengan system kalender, Hampir setiap orang (insyaAllaah ... apalagi jika Anda terbiasa menggunakan komputer) bisa menggunakannya dengan mudah, dengan menggunakan sedikit bantuan komputer dan alat atau tool yang diinstall untuk memudahkan penghitungannya. Anda bisa download cara hitung masa subur System Kalender yang sudah saya sediakan link tool atau softwarenya di artikel ini. Berikut tool dan contoh cara yang kami gunakan.

Tool yang diinstal adalah 4WomenOnlySetup. Kebetulan program ini adalah program trial dengan batas pemakaian hanya selama 30 hari gratis setelah diinstall pertama kali. Setelah 30 hari, ya harus beli secara online. Hehehe ... karena saya ingin tetap gratis maka saya minta bantuan program deepfreeze. Agar saya bisa menginstall software 4WomenOnlySetup berulang kali dan menggunakan trial gratis 30 hari berulang kali tanpa bayar dan tanpa nge-hack yang bisa melanggar hukum ^_^ hehehe ...

Sebenarnya Deep Freeze adalah software yang digunakan untuk membekukan atau bisa dikatakan membuat system pada Drive harddisk anda tetap seperti semula saat anda bekukan. Deep Freeze biasanya diaktifkan pada drive yang terdapat Operating System di dalamnya, semisal Windows XP atau 7. Dan pastikan Harddisk laptop atau komputer Anda sudah di partisi sebelumnya, atau dengan bahasa awam, minimal sudah ada Local Disk (C:) dan Local Disk (D:) di dalam komputer/laptop Anda. Baca lebih lanjut tentang software deepfreeze di link ini.

Langkah-langkah Mengetahui Masa Subur dengan System Kalender
Pertama, install terlebih dulu program deepfreeze pada komputer atau laptop Anda. Dapatkan softwarenya, klik di sini. Biasanya jika ia sudah terinstall maka ia akan me-restart komputer secara otomatis. Kemudian tunggu hingga komputer hidup lagi.

Kedua, install 4WomenOnlySetup. Dapatkan softwarenya, klik di sini atau di sini. Setelah terdownload, langsung install ke komputer Anda. Ikuti saja petunjuk penginstallannya. Tinggal klik-klik saja  ^_^

Ketiga, jika 4WomenOnlySetup sudah terinstall, klik iconnya
Lalu jika softwarenya sudah berjalan, cari dan klik tombol ini 
Lalu isi judul kalender, terserah. Lalu klik next.
Lalu tentukan hari pertama haid atau menstruasi yang dialami. Lalu klik next.
Lalu tentukan panjang siklus menstruasi yang dialami. Cara menghitung satu siklus menstruasi adalah dihitung mulai dari hari pertama menstruasi sampai sebelum menstruasi berikutnya. Lalu klik next.
Lalu tentukan lama menstruasi. Lalu klik next.
Lalu untuk "luteal phase length" biarkan tetap 14 hari. Lalu klik next.
Lalu, kalender Anda selesai dibuat. Perhatikan yang ada gambar anak laki dan perempuan. Itu menunjukkan masa subur.
Keempat, kemudian Anda buat satu kalender lagi seperti di atas tapi dengan perubahan informasi seperti berikut:
  1. hari pertama haid atau menstruasi yang dialami tidak diubah. Tetap sama dengan kalender yang barusan Anda bikin tadi.
  2. tentukan panjang siklus menstruasi yang dialami di bulan sebelumnya.
  3. tentukan lama menstruasi yang dialami di bulan sebelumnya.
  4. untuk "luteal phase length" biarkan tetap 14 hari.
  5. Dan selesai.

Kelima, Sejak masa pubertas pada perempuan, setiap bulan ovarium akan melepaskan satu sel telur secara bergantian antara ovarium kanan dan kiri. Peristiwa ini disebut ovulasi. Karena ovulasi pada ovarium kanan dan kiri biasanya bergantian di tiap bulannya, dan kapan ovulasinya juga bisa berbeda antara ovarium kanan dan kiri, sehingga jika Anda ingin menunda kehamilan, maka gabungkan perkiraan masa subur di kedua kalender yang Anda buat tadi di bulan yang sama. Lalu tandai 3-4 hari sebelum masa subur dan 2 hari setelah masa subur. Nah di antara tanggal yang sudah Anda tandai tersebut merupakan tanggal di mana diharapkan koitus tidak terjadi, sehingga tidak terjadi pembuahan. Lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut.
klik gambar untuk memperbesar
Yang saya maksud dengan "kesimpulan aman" adalah tanggal di mana kemungkinan sangat kecil terjadi pembuahan, sedangkan "kesimpulan hamil" adalah tanggal di mana kemungkinan besar terjadi pembuahan.

Keenam, yang terakhir dan yang terpenting adalah tawakkal kepada Allah SWT, pasrah atas segala anugerahNya. ^_^

Penting diingat!
  1. Bahwa karena komputer Anda sudah dipasangi deepfreeze tadi, maka jangan pernah menyimpan file di local disk (C:) karena setiap kali komputer restart atau dimatikan maka file tersebut tidak akan ada lagi. Oleh karena itu simpan file Anda di local disk (D:). Jika ingin membuka deepfreeze dengan alasan ingin menginstall program lain maka tekan ctrl + shift + alt + F6 dan masukkan passwordnya 123456sm.
  2. Catat informasi panjang siklus menstruasi dan lama menstruasi Anda yang terupdate agar bisa digunakan untuk perencanaan bulan berikutnya. Tentunya harus menginstall lagi 4WomenOnlySetup setiap akan menggunakan, dan nikmati gratisannya ^_^.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)