Selasa, Februari 02, 2016

Kapan Bulan Muncul di Siang Hari

Banyak orang yang melihat bulan di malam hari, apalagi perbedaan warna langit malam dan warna bulan saat itu sangat kontras. Namun, tentunya Anda pernah melihat bulan di siang hari, bukan? Seperti yang saya perhatikan selama beberapa hari yang lalu di kota tempat tinggal saya, kota Sidoarjo. Permasalahannya adalah mengapa hal itu bisa terjadi. Kapan Bulan muncul di siang hari?

Peristiwa ini sering terjadi, tetapi tidak sedikit juga orang terkejut ketika mereka melihat Bulan siang hari. Hal ini disebabkan banyaknya penyimpangan konsep yang diajarkan secara tidak sadar oleh para pendidik, sutradara film, orang tua, dan masyarakat sekitar. Kita biasanya memberi contoh kepada anak-anak bagaimana menggambar suasana siang dengan gambar awan dan matahari yang bersinar cerah di atas sebuah rumah atau di atas gunung. Tetapi tidak pernah menggambarkan bulan berdampingan dengan matahari di siang hari. Betul, bukan? :D atau di film-film, matahari terbit setelah bulan terbenam. Budaya masyarakat dalam menggambarkan keadaan langit inilah yang secara tidak sadar menyebabkan pemahaman yang kurang tepat.

Untuk memahami bagaimana dan kapan kita bisa melihat Bulan, kita harus mengetahui  fase-fase bulan, dan khususnya hubungan antara Matahari, Bumi dan Bulan.  Perhatikan gambar berikut.
klik untuk memperbesar gambar
Salah satu kesalahan terbesar dari konsep astronomi yang dipahamai mayoritas orang adalah bulan bertolak belakang lurus dengan matahari di angkasa. Padahal dalam kenyataannya bulan dan matahari dalam posisi seperti itu hanya sekali dalam satu perputaran bulan, seperti yang tampak pada gambar di atas. Peristiwa itu hanya terjadi saat bulan purnama, atau 180 derajat dari matahari. Sisanya, posisi bisa antara 0 hingga 180 derajat. Pada saat bulan purnama posisinya tepat saling bertolak belakang dengan matahari, ini berarti bulan terbit saat matahari tenggelam dan sebaliknya.
Kala rotasi bumi adalah 23 jam 56 menit 4 detik. Kala revolusi bulan terhadap bumi adalah 27 1/3 (dua puluh tujuh satu per tiga) hari. Karena kondisi inilah posisi bulan bisa tampak di bawah ini:
Saat kondisi seperti inilah maka bulan bisa tampak pada siang hari dan kita bisa melihat fenomena ini rata-rata selama 6 jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)