Kamis, Maret 05, 2015

Cara Cek Keberadaan Spycam

Harap lebih berhati-hati, terutama saat Anda masuk di kamar mandi atau toilet umum, ruang ganti baju di toko baju atau mall, atau kamar hotel. Waspadalah, terutama bagi ibu-ibu dan para remaja putri. Sekarang ini banyak sekali kamera tersembunyi atau spycam yang diletakkan di tempat-tempat tersebut.

Wajib bagi Anda untuk waspada, terutama saat melepas pakaian di tempat-tempat yang sudah saya sebut di atas, karena keberadaan  spycam  tersebut tersamar atau tidak kita sangka-sangka. Spycam tersebut bentuknya bisa beraneka macam, beberapa di antaranya berbentuk gantungan baju, jam alarm samping tempat tidur/jam meja, ballpoint, lampu kamar, saklar lampu, lubang intip pintu kamar hotel, stop kontak, atau kamera yang dipasang dibalik cermin dua arah yang menempel di dinding tempat tidur dan kamar mandi.

Para artis pun ada yang menjadi korban, seperti artis yang berinisial FP, SA, RMS, YW, dan yang terbaru adalah CI. Mereka mengaku hanyalah korban dari kejahatan tangan-tangan jahil yang tak bertanggung jawab. Untungnya, kejadian tersebut tak membuat mereka depresi, dan tetap ingin meraih mimpi. Yah, tapi menurut saya, ada baiknya mereka juga harus lebih menutup auratnya saat di luar, karena di jalan raya lebih banyak “kamera-kamera hidup” alias mata non muhrimnya yang sengaja atau tidak sengaja melihat aurat mereka. Peacee... :)

Terlepas yang menjadi korban artis atau bukan, tentunya perbuatan yang tidak bertanggungjawab tersebut cukup meresahkan masyarakat. Mungkin, ada baiknya, jika pemerintah memberlakukan semacam peraturan yang dapat membatasi kepemilikan spycam sehingga hanya dimiliki oleh orang tertentu saja dan hanya untuk alasan keamanan atau penyelidikan pihak berwenang, agar spycam tidak disalahgunakan.

Spycam tersebut pada awalnya bertujuan sebagai kamera keamanan untuk di rumah atau di kantor dan di mana Anda perlu untuk menangkap seseorang atau hanya memantau yang datang dan pergi. Namun, layaknya pisau, alat tersebut dapat pula digunakan untuk tujuan tercela, tergantung pemiliknya.

Perlu Anda ketahui, bahwa kemampuan merekam dari kamera tersembunyi tersebut tidak bisa diremehkan, meskipun lubang kameranya hanya sebesar titik jarum. Dengan resolusi video 720 x 480, 1280 x 720, atau 1280 x 960 HD, digital video recording, audio visual recording, dan 30 frame per detik, maka hasil rekamannya pun terbilang cukup jelas dan mudah disimpan dalam flash disk untuk ditonton di komputer, laptop, atau handphone. Di antara mereka ada yang dapat diaktifkan dengan menggunakan remote control. Kamera ini dapat dibiarkan selama berhari-hari sebelum benar-benar dibutuhkan dan dapat diaktifkan dari jarak jauh hingga 10 meter.

Setelah diaktifkan hanya akan merekam bila ada gerakan. Ini karena mereka dilengkapi  dengan motion detector atau sensor gerak yang dapat aktif selama 28 jam non stop. Spycam tersebut rata-rata dapat menyimpan rekaman dengan total durasi 8 jam, dan dengan kapasitas memory bisa ditingkatkan hingga 32GB.

Sayangnya, kamera tersembunyi atau spycam tersebut dijual dengan bebas dan dapat dibeli dengan harga yang cukup murah, sekitar Rp150.000 sampai dengan Rp550.000. Sehingga kita juga perlu tahu bagaimana bentuk-bentuk spycam yang beredar, dan bagaimana cara cek keberadaan spycam tersebut.

Berikut ini adalah beberapa contoh produk spycam yang biasanya digunakan oleh para pelaku kejahatan susila tersebut.

Spy camera model gantungan baju




Spy camera model stop kontak


Spy camera model lampu pijar (bulp)



Spy camera model jam meja





Spy camera model saklar lampu



Spy camera model ballpoint


Cara Cek Sederhana Keberadaan Spycam dan Cermin Dua Arah
Kepala Sub-Seksi Layanan Informasi Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Fauzi Ahmad, menyampaikan cara cek sederhana untuk mengetahui apakah di tempat yang sedang digunakan ada kamera tersembunyi atau tidak.
Dengan syarat Anda sedang membawa handphone yang sebelumnya sudah dipastikan dapat melakukan panggilan.

"Misalkan di tempat ganti baju atau toilet, coba lakukan panggilan telepon. Kalau tidak bisa, kemungkinan ada kamera tersembunyi. Jika memang saat sudah dicoba menelepon tetapi tidak bisa, lebih baik menuju tempat atau ruangan lain." ujar Fauzi kepada Kompas.com, Senin (8/12/2014).

Hal ini disebabkan oleh pengaruh gangguan kamera pada kabel serat optik ponsel selama transfer sinyal.

Sedangkan untuk cara cek keberadaan kamera tersembunyi pada cermin dua arah, lakukan tes sederhana ini. Tempatkan ujung kuku Anda atau sesuatu yang runcing (ballpoint, paku, sedotan air mineral, dls) ke permukaan cermin. Jika ada jarak antara kuku anda dan bayangan kuku, maka itu adalah cermin asli. Ini karena kertas perak yang terdapat di cermin asli berada di bagian belakang kaca, sehingga ada jarak antara benda dan bayangannya.

Namun, jika saat benda runcing tersebut ditempatkan di permukaan cermin dapat langsung menyentuh bayangannya pada cermin tersebut, maka berhati-hatilah, itu adalah cermin dua arah. Ini dikarenakan pada cermin dua arah, kertas peraknya terdapat pada permukaan kaca.

Sekarang tentang cara cek keberadaan kamera tersembunyi yang ada di lubang intip pintu kamar hotel. Saat Anda menginap di sebuah kamar hotel, ada baiknya Anda langsung mengecek lubang intip di pintu kamar tersebut. Coba lihat dari dalam kamar, jika Anda dapat melihat secara jelas di seberang lubang intip yaitu lingkungan di luar kamar hotel atau lorong lantai hotel, maka lubang intip tersebut aman.

Namun, jika saat Anda kesusahan melihat ke luar, misalnya karena tampak buram, maka Anda perlu berhati-hati. Bila hal ini terjadi, segera laporkan ke pihak hotel dan minta ganti kamar. Seperti dilaporkan oleh BBC Travel, beberapa lubang intip pintu kamar bisa dengan mudah dibongkar.
“Periksa lubang intip pintu anda, jika itu dirusak atau dibobol, mintalah kamar yang lain," kata CEO dari Beechmont Hotels di Winston-Salem, Carolina Utara, Amerika Serikat, Michael Forrest Jones kepada BBC.

Memang hal ini merupakan kasus langka. Tetapi bukan berarti tidak pernah terjadi. Tahun lalu, seorang pria didakwa karena mengintip seorang perempuan berprofesi sebagai reporter olahraga di Amerika Serikat. Reporter bernama Erin Andrews itu diintip melalui lubang intip saat menginap di sebuah hotel di Wisconsin, Amerika Serikat. Pria pengintip bernama Michael David Barret tak sekedar mengintip. Ia bahkan merekam saat Erin sedang berganti baju melalui lubang intip pintu tersebut.

Silahkan saja jika artikel ini ingin di-share agar bermanfaat untuk yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)