Senin, Mei 13, 2013

Tangan Kita Bukan Termometer

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar atau bahkan merasakan panas atau dingin. Biasanya, untuk mengukur suhu suatu benda, kita hanya menggunakan perasaaan melalui indra peraba, yakni telapak tangan kita. Misalnya ketika orang tua ingin mengetahui suhu anaknya yang sedang tidak enak badan, pasti gerakan refleks orang tua langsung menempelkan tangan ke dahi atau leher si anak.

Namun pada dasarnya, tangan kita bukan termometer. Indra peraba setiap orang dalam merasakan sesuatu, terutama mengenai panas atau dinginnya suatu benda relatif berbeda, bersifat subyektif, termasuk mengukur suhu tubuh manusia. Dengan demikian, pengukuran derajat/tingkat panas atau dinginnya suatu benda menggunakan perasaan melalui indra peraba tidak selalu tepat dan bersifat relatif tergantung kecenderungan perasaan dan kepekaan indra peraba setiap individu.

Derajat panas atau dinginnya suatu benda itulah yang disebut dengan suhu. Pada uraian di atas sudah dijelaskan bahwa tangan bukan untuk mengukur suhu badan, karena hasilnya relatif. Untuk membuktikannya, lakukanlah kegiatan berikut ini!


Mengukur Suhu dengan Indra Peraba

I.    Tujuan
Menyelidiki apakah indra peraba dengan tepat digunakan untuk mengukur suhu.

II.    Alat dan bahan
  1. Tiga buah wadah/ember
  2. Air dingin (es yang sudah mencair), air biasa, dan air hangat.

III.    Langkah kerja
  1. Isilah wadah pertama dengan air hangat, wadah kedua dengan air biasa, dan wadah ketiga dengan air dingin!
  2. Celupkan tangan kananmu ke wadah pertama, kemudian celupkan tangan kirimu ke wadah ketiga. Biarkan selama satu menit dan rasakan suhunya.
  3. Angkat kedua tanganmu dari wadah pertama dan ketiga, lalu segera masukkan kedua tanganmu ke wadah kedua. Apa yang dirasakan oleh kedua tanganmu?
  4. Buatlah kesimpulan dari hasil kegiatan di atas!

Kesimpulan:
Dari kegiatan di atas dapat kita simpulkan bahwa
indra peraba tidak tepat untuk menyatakan suhu suatu benda. Hal ini terbukti pada saat melakukan langkah ketiga pada kegiatan di atas, tangan kanan merasakan air lebih sejuk, sedangkan tangan kiri merasakan air lebih hangat. Berarti indra peraba memberikan respon yang relatif terhadap suhu. Oleh karena itu, diperlukan suatu alat untuk mengukur suhu suatu benda, yang kita kenal dengan istilah termometer. Sehingga disarankan pula, baik di rumah maupun di ruang UKS sekolah, perlu menyediakan termometer agar lebih akurat dalam memeriksa suhu anak atau siswa yang sakit dengan akurat.

1 komentar:

Beri komentar atau masukan ya :)