Jumat, Januari 04, 2013

Danau Vostok Danau di Bawah Es

Terkadang tampaknya seolah-olah planet kita tidak memiliki rahasia yang tersisa – tapi ternyata jauh di bawah es Antartika para ilmuwan telah membuat penemuan yang mengejutkan. Mereka telah menemukan salah satu danau terbesar di dunia, Danau Vostok. Tentu saja ini sangat menentang keyakinan banyak orang selama ini.

Penemuan ini bermula pada tahun 1957 ketika Rusia mendirikan pangkalan terpencil di Antartika, dan diberi nama stasiun Vostok. Suhu terdingin yang pernah ditemukan di Bumi (-89° C) tercatat di sini pada 21 Juli 1983. Inilah yang membuat banyak orang meyakini bahwa tidak mungkin akan ditemukan danau dengan kondisi cair. Tapi di tahun 1970-an tim Inggris menggunakan radar udara (semacam sonar) untuk melihat di bawah es menggunakan pantulaan bunyi yang dihasilkan. Hasil jejak radar mereka menunjukkan pemetaan tanah berupa pegunungan yang terkubur oleh lapisan es Antartika. Namun ketika terbang di dekat pangkalan Vostok jejak radar mereka yang awalnya berupa permukaan naik turun tiba-tiba berubah menjadi permukaan datar. Mereka menduga bahwa jejak permukaan datar hanya bisa jika itu adalah permukaan air. Ini adalah bukti pertama bahwa di bawah es Antartika tersembunyi rahasia besar.

Pada tahun 1990-an, kecurigaan tersebut dikonfirmasi, ketika
satelit akhirnya berhasil mengungkap bahwa ada sebuah danau besar di bawah dasar Vostok, tepatnya di bawah pangkalan Vostok. Ini adalah salah satu danau terbesar di dunia dengan luas 10.000 km persegi dan kedalaman 500 m. Mengapa danau bisa terbentuk di bawah lapisan es yang sangat tebal? Teorinya adalah bahwa hal itu bisa terjadi karena es bertindak seperti selimut isolasi raksasa yang menjebak cukup panas bumi sehingga mencairkan bagian paling bawah dari lapisan es tersebut.

Para ilmuwan merasa putus asa untuk masuk ke danau karena lingkungannya yang ekstrim. Namun para ilmuwan tetap berpendapat bahwa mungkin lingkungan ekstrim tersebut menjadi rumah bagi flora dan fauna yang unik dan tidak pernah terlihat sebelumnya. Danau Vostok yang berada 4 kilometer di bawah permukaan es, serta penelitian yang dilakukan tidak boleh mengkontaminasi air yang paling murni air di planet ini, merupakan tantangan terbesar sains abad ke-21. Namun dalam hal ini NASA tetap sangat antusias untuk terus berusaha menemukan cara bagaimana meneliti Danau Vostoc, dengan tujuan bisa mengajari masyarakat di dunia tentang kehidupan lain yang belum pernah ditemukan di Bumi sebelumnya.




“Hai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.”
Surat Ar Rahmaan (55): 33

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)