Rabu, Juli 11, 2012

Nilai Religius Acara Televisi di Bulan Ramadhan


Acara bulan Ramadhan di televisi sekarang sudah banyak yang meminggirkan nilai religius ibadah, khususnya puasa Ramadhan itu sendiri. Bagaimana tidak, contoh:

1) jika jaman dulu host perempuan dalam acara ramadhan biasanya pakai jilbab -sekalipun sehari-harinya biasa tidak pakai- sekarang banyak host perempuan terang-terangan membuka aurat meski jelas-jelas itu acara ramadhan.

2) aturan bahwa host harus muslim dalam acara Ramadhan, sekarang tidak berlaku lagi, ada lho acara menunggu waktu buka atau imsak yang host-nya jelas-jelas non muslim.

3) isi dari acaranya pun skrg kurang mengasah nilai keimanan selama bulan ramadhan, lebih banyak pada acara hura-hura atau percakapan sia-sia.

4) ada pula ustad yang diundang lebih ke arah popularitas rating acara, bukan pada isi dakwah.

5) belum lagi banyak iklan-iklan di telivisi yang melanggar nilai-nilai keagamaan, atau setidaknya nilai kesopanan, di mana iklan-iklan ini secara tidak sadar mempengaruhi perilaku dan cara berfikir yang menontonnya setiap hari. Misalkan: iklan dari salah satu operator GSM yang menawarkan kebebasan yang sebebas-bebasnya, yang kemungkinan sampai akhir bulan ramadhan nanti iklan itu masih ada. Tahu khan iklan apa.

Meskipun begitu, masih ada kok acara-acara selama bulan Ramadhan yang bermanfaat dan bernilai religius, atau setidaknya berupa ilmu pengetahuan
yang patut dinikmati oleh kita dan anak2.

Oleh karena itu, perlulah orangtua lebih teliti dalam memilihkan acara televisi yang baik untuk anak, dan memberikan bimbingan, berupa penjelasan atau diskusi, sehingga anak tetap terjaga nilai-nilai keimanannya selama menonton acara televisi. Amiin :)

2 komentar:

  1. wkwkwk...hehehe.. sy gak berani nulis di sini, takut kena tuntut :D

    BalasHapus

Beri komentar atau masukan ya :)